HMI Madura Turun Jalan, Saut didesak Mundur dari KPK

0
943

MADURA EXPOSE—“Mulutmu Harimaumu” dari lontaran pedas Saut Situmorang, Wakil Ketua KPK berbuah kecaman para aktivis HMI di seluruh Indonesia, tak terkecuali kader HMI Pamekasan dan HMI Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur. Secara serentak kader di dua Kabupaten ini turun jalan menggelar aksi unjuk rasa.

Selain melakukan orasi, para kader HMI Madura ini juga mengibarkan sejumlah poster berisi kecaman. Salah satunya meminta Saut segera mundur dari jabatannya sebagai komisioner KPK (Komisi Pemberantasa Korupsi). Kecaman ini bermuara dari pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang di salah satu acara stasiun televisi swasta membuat berang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Acara Benang Merah bertajuk Harga Sebuah Perkara yang disiarkan di TVOne, pada Jumat, 6 Mei 2016 lalu.

Dalam aksi yang dilancarakan HMI Madura hari ini, Kamis 12 Mei 2016, mereka menyampaik sedikitnya 4 tuntutan, yakni mendesak Saut Situmorang mundur sebagai pimpinan KPK, usut tuntas pidana pencemaran nama baik HMI, dewan etik KPK harus mengusut tuntas Saut Situmorang, dan DPR RI mengkaji ulang kelayakan Saut sebagai pimpinan KPK. [day/fer]