SUMENEP–Anggaran untuk penanggulangan, penyebaran covid 19 untuk Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, cukup fantastis hingga mencapai Rp9,4 miliar.

Pasalnya, anggaran tersebut diperuntukan semua kegiatan yang berkaitan dengan penanggulangan penanganan penyebaran virus corona di internal Dinas Kesehatan, termasuk pembelian alat pelindung diri (APD), sanitizer di Pusat Kesehatan Masyarakat.

“Saya kurang hafal, tapi untuk review pertama anggaran di Dinkes ini sebesar Rp9,4 miliar,” kata Nur Insan, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinkes Sumenep, kepada media ini.

Selain itu juga, jelas Nur insan ini,. untuk pembelian alat rapites dan juga untuk kebutuhan transportasi, serta anggaran honor bagi petugas medis yang bertugas di Posko. “Anggarannya memang besar,” ungkapnya.

Hanya saja Nur Insan menyayangkan anggaran untuk honor petugas medis di Pos sangat minim. Mereka hanya mendapatkan honor sebesar Rp50 ribu ditambah Rp25 ribu untuk anggaran makan untuk setiap kali jaga.

Saat bertugas, mereka dijadwalkan selama enam jam secara bergantian. “Kalau ngomong honor sangat tidak rasional, tugas mereka sangat berat, mereka selalu berhadapan dengan resiko besar. Apalagi, perawat merupakan benteng terakhir,” ungkap Nur Insan.

(Asm/Red)

HotNews:  BAHAYA! Khofifah Kasih Cap Surabaya Zona Merah Tua Wabah Virus Corona