Dua ASN Sumenep Reaktif Usai Rapid Test Covid-19

0
78

MADURAEXPOSE.COM, SUMENEP–Sedikitnya dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep reaktif setelah pemeriksaan Rapid Test Virus Corona atau Covid-19 yang dilakukan pada 06 Juni 2020 lalu.

“Seluruh ASN dan non ASN di Sekretariat Daerah dilakukan swab test sebagai langkah pencegahan dan antisipasi dini, dalam rangka mengedepankan upaya preventif agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 di Sumenep,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si, Senin (06/07/2020).

Berdasarkan hasil rapid test kepada seluruh pegawai di Sekretariat Daerah, ternyata ada dua orang yang reaktif, sehingga mereka diminta untuk tidak beraktivitas atau masuk kantor sejak Selasa (07/07/2020).

“Kedua ASN yang hasil rapid test-nya reaktif untuk sementara waktu harus istirahat atau melakukan isolasi mandiri di masing-masing rumahnya selama empat belas hari,” imbuhnya.
Sekda mengungkapkan, pemeriksaan rapid test seluruh ASN dan non ASN itu rencananya tidak hanya di Sekretariat Daerah saja, tetapi di seluruh lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep baik itu di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun kecamatan.

“Yang jelas, Rapid Test diadakan untuk mengetahui dan memastikan secara pasti siapa saja ASN dan non ASN yang terpapar Covid-19, sehingga pemerintah daerah lebih mudah melakukan pencegahan penanganannya terutama penularan melalui Orang Tanpa Gejala (OTG),” tandasnya.

Diharapkan seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam melaksanakan aktivitasnya agar selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan, terutama dalam menghadapi era new normal di tengah wabah Covid-19.

“Saya tekankan ASN sebagai garda terdepan harus memberikan contoh kepada masyarakat, untuk mematuhi protokol kesehatan demi mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Sumenep,” pungkas Sekda Edy Rasiyadi. ( Kominfo )