Sumenep, MaduraExpose.com- Hari ini Dinas pendidikan Kabupaten Sumenep mendistribusikan naskah ujian nasional (UN) tingkat SMP sederajat ke wilayah kepulauan, bedsarkan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Adapun kepulauan yang dikirim naskah UN hari ini, Jum’at (24/4) meliputi Pulau Masalembu yang merupakan pulau terjauh di ujung timur Kabupaten Sumenep.

Berdasarkan pantauan MaduraExpose.com, naskah UN tersebut diangkut menggunakan Kapal Perintis Amukti Palapa dengan dikawal ketat petugas kepolisian. Pengawalan dilakukan mulai dari kantor Disdik hingga pulau Masalembu.

Sejauh ini, hanya KM Amukti Palapa, satu-satunya kapal yang melayani pelayaran trayek Pelindo III Kalianget- Pulau Masalembu. Jarak tempuh memakan waktu kurang lebih 12 jam dengan volume pelayaran dua kali dalam sebulan.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Sementara informasi yang dihimpun dari kantor Disdik Sumenep, jumlah peserta UN SMP dan sederajat, tahun ini berjumlah 17.167 siswa disebar dalam 1.084 ruang ujian.

“Pendistribusian naskah UN SMP sederajat dikawal ketat petugas kepolisian hingga ke pulau Masalembu”, ujar Suwono, Kepala SMP I Masalemebu, Sumenep, Madura, Jawa Timur saat berbincang dengan MaduraExpose.com,Jum’at.
Sementara dari pihak kepolisian yang berhasil di wawancarai MaduraExpose.com menyebutkan, khusus pengambilan naskah UN SMP dan MTS wilayah daratan dilakukan menjelang akhir bulan ini.

“Khusus daratan, pengambilan naskah UN akan dilakukan pada tanggal 29 April atau H-2 pelaksanaan UN, distribusinya nanti dilakukan secara serentak”, ujar Bripda Salehuddin, anggota Polsek Masalembu kepada MaduraExpose.com.

(M2D/FER)