Imbas Gunung Raung, Bandara Trunojoyo ditutup

0
549
Gunung Raung. (ANTARA/Zabur Karuru)

Maduraexpose.com-Kementerian Perhubungan kembali mengeluarkan Notice to Airman (Notam) penutupan Bandara Trunojoyo di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Padahal, pagi tadi Kemenhub menyatakan, seluruh bandara yang terdampak erupsi Gunung Raung sudah bisa beroperasi kembali.

Berdasarkan Notam No. 0588/15, Bandara Sumenep kembali ditutup sore ini pukul 15.35 sampai dengan besok pagi, Senin, 20 Juli 2015 pukul 06.59. Hal itu dilakukan karena sebaran abu Gunung Raung yang menutup jalur udara di daerah itu.

Menurut surat edaran tersebut, Kemenhub menyampaikan bandara lainnya yang berisiko terdampak tetap beroperasi secara normal. Dengan pengumuman ini diharapkan maskapai penerbangan menyesiuaikan jadwal penerbangan yang melewati rute udara daerah tersebut.

Sebelumnya, dua bandara yakni Bandara Notohadinegoro di Jember, Jawa Timur dan Bandara Sultan Baabullah di Ternate yang kemarin ditutup, pagi ini telah beroperasi kembali.

Sebelumnya, sejak Kamis, 16 Juli 2015, kedua bandara tersebut ditutup karena terkena dampak erupsi Gunung Raung dan Gunung Gamalama. Sejumlah rute penerbangan pun terganggu akibat abu vulkanik yang menyebar disekitar bandara.

(mus/viv)