Scroll untuk baca artikel
Hot Expose

Detik-detik Pergantian Tahun, Stok Gula di Bulog Madura Kosong

Avatar photo
212
×

Detik-detik Pergantian Tahun, Stok Gula di Bulog Madura Kosong

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi: Pembeli sedang memegang bungkusan plastik berisi satu kilogram gula pasir di pasar tradisional. (Foto: antara/Inilahcom)

Maduraexpose.com– Siapa sangka stok gula pasir dijelang pergantian tahun baru 2024 ini mendadak kosong berdasarakan data persediaan di Gudang Bulog Madura, Jum’at 29 Desember 2023.

Kosongnya stok gula itu terungkap setelah pihak Bulog Madura berkirim surat ke pihak Provinsi Jawa Timur agar segera dikirimkan antara 100 hingga 200 ton gula pasir.

Kuswadi Kepala Badan urusan logsitik (Bulog) Madura kepada wartawan mengatakan, sejak awal Desember 2023, persediaan stok gula pasir sudah dirasakan menipis, hanya sekitar 2 ton.
“Saat ini malah stok gula kosong,” terangnya kepada wartawan , Jumat 29 Desember 2023.

Saat ini penggilingan gula pasir di pabrik-pabrik di Jawa sudah selesai. Belum lagi petani tebu baru memasuki musim tanam.

“Petani tebu baru akan panen nanti sekitar bulan april dan mei 2024,” jelas Kuswadi menjelaskan salah satu penyebab kosongnya gula pasir di Bulog Madura.

Selain masalah masa tanam, pihaknya juga mengamati setia menjelang pergantian tahun baru permintaan gula pasir cenderung meningkat.

“Selama nataru memang ada kecendrungan permintaan gula yang tinggi,”imbuhnya.

Kendati stok gula pasir di Bulog Madura kosong, pihaknya meminta agar masyarakat tidak resah.

“Saran saya agar tidak panik, karena sekalipun stok gula di Bulog Madura kosong, di pasaran masih cukup melimpah. Pasokan gula itu kan tidak hanya dari bulog namun juga dari BUMN lain dan sejumlah pabrik secara langsung,” pungkas Kuswadi. [ros/fer]

------------------------