MADURAEXPOSE.COM-  Rawannya terjadi abrasi di beberapa lokasi pinggir pantai disebabkan utama karena tumbuhan mangrove tidak berkembang dengan baik sebagai penahan pengikisan air laut terhadap daratan tersebut, selain itu, masih adanya perilaku masyarakat yang melakukan penebangan pohon bakau secara sembrono dan tidak melakukan upaya penanaman kembali sebagai ganti yang telah di tebangnya.

Berkaitan dengan hal tersebut  anggota Koramil 0827/22 Masalembu Kodim 0827 Sumenep bekerja sama dengan Tim Ekspedisi Nusantara Jaya  melakukan penanaman pohon mangrove di wilayah pesisir pantai Cemara. Dusun Air Hidup Desa Keramaian Kecamatan Masalembu Kabupaten Sumenep. Senin (4/9/2017)‎‎‎

Kegiatan yang bertujuan guna meningkatkan penghijauan serta mencegah abrasi pantai tersebut dilaksanakan bersama- sama dengan Tim Ekspedisi Nusantara Jaya, masyarakat nelayan, Forpimka Masalembu, Kades beserta perangkat Desa Keramaian, Komunitas Pecinta Lingkungan, Pelajar  dan masyarakat sekitar sebanyak 100an orang.

Danramil 0827/22 Masalembu Kapten Arh. Joko Purnomo  mengatakan, “Penanaman pohon Manggrove di pantai Cemara ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mewujudkan gerakan Indonesia menanam pohon dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi pemanasan global. Tuturnya.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Adapun luas areal yang akan ditanami yakni luas areal 1.000 M dengan jumlah bibit mangrove sebanyak 1000 pohon. Diharapkan setelah dilakukan penanaman pohon tersebut tindakan selanjutnya dilakukan perawatan sehingga nantinya bibit pohon yang ditanam akan tumbuh sesuai dengan harapan.‎ (pur/fer)