Scroll untuk baca artikel
Expose UtamaSUMENEP EXPOSE

Bupati Fauzi Akan Sulap Embung dan Sungai Menjadi Destinasi Wisata

Avatar photo
53
×

Bupati Fauzi Akan Sulap Embung dan Sungai Menjadi Destinasi Wisata

Sebarkan artikel ini

Sumenep (Maduraexpose.com)– Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas ingin keberadan embung Montorna Kecamatan Pasongsongan tidak hanya sekedar sebagai penampungan air baku saja, melainkan menjadi multifungsi agar berdampak positif bagi masyarakat.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, Dr. Ir. Haeruddin C. Maddi, ST, MSMT mengatakan, pihaknya tidak hanya ingin membangun infrastruktur dalam bentuk fisik embung Montorna sekedar mencegah banjir dan menampung air baku saja, namun keberadaan embung itu ada peningkatan fungsinya.

“Kami prinsipnya tidak sekedar membangun infrastruktur dalam bentuk fisik semata, melainkan juga memikirkan bagaimana embung Montorna dan lainnya bernilai tambah untuk masyarakat,” kata Haeruddin di sela-sela silaturahim dengan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH, di Rumah Dinas Bupati, Rabu (26/01/2022).

Pembangunan embung seperti Montorna di Kecamatan Pasongsongan, selain sebagai penanganan banjir dan air baku, direncanakan sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Sumenep, sehingga embung itu memberikan dampak positif untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Embung Montorna bisa dijadikan destinasi wisata baru di Kabupaten Sumenep, supaya embung itu tidak hanya berfungsi mencegah banjir dan air baku, namun berpotensi sebagai pariwisata,” terangnya.

Haeruddin mengatakan, sungai di wilayah perkotaan direncanakan juga menjadi destinasi wisata, namun pihaknya perlu melakukan pendataan sungai mana saja yang berpotensi sebagai tempat wisata.

“Sungai yang potensial bisa dijadikan destinasi wisata, sehingga perlu penataan kawasan dan pengendalian banjirnya, agar sungai-sungai itu, berhasil mencegah banjir sekaligus bermanfaat untuk wisata baru,” tuturnya.

------------------------