Bupati Sumenep A.Busyro Karim di Clombia (ist)

MaduraExpose.com- Tempuh perjalanan 36 jam, Bupati Sragen Agus Fatchurrahman bersama rombongan kementrian Pemberdayaan aparatur negera dan revormasi birokrasi (Kemen PAN RB) bertolak ke Kota Medelin, Kolombia pada (19/6/2015).

Mereka berangkat menghadiri acara penyerahan penghargaan lomba pelayanan publik yang digelar United Nation Service Public Award (UNSPA) 2015. Dijadwalkan rombongan bakal berada di Medilin selama delapan hari.

Kepala Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Suyadi mengatakan, sebelum melanjutkan perjalanan ke Medelin, dia bersama bupati berangkat menuju Jakarta untuk bertemu rombongan. Selain perwakilan dari Sragen, anggota rombongan yang juga ikut berangkat diantaranya Bupati Sumenep dan Bupati Aceh Singkil.

”Selain mendapat pendampingan dari Deputi Kemenpan RB, seluruh biaya perjalanan juga ditanggung Kemenpan,” ujarnya

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Untuk persiapan petemuan di ajang UNSPA 2015 itu, Suyadi mengaku telah mempersiapkan sejumlah bahan materi terkait keberadaan UPTPK di Sragen. Selain menampilkan profil UPTPK, pihaknya juga bakal memaparkan sejumlah program dan aktifitas di lingkup Kantor UPTPK Sragen.

”Dipertemuan itu masing-masing daerah juga dipersilahkan menampilkan pakaian adat setempat. Rencanannya kita akan pakai beskab,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Agus Fatchurrahman mengatakan, keberangkatannya ke kota Medelin dibiayai negara dan menggunakan paspor biru. “Saya akan berangkat ke Kolombia untuk mengambil piala yang diraih karena prestasi UPTPK. Ini merupakan bukti bahwa terobosan yang kami gagas diakui tingkat dunia,” katanya.

Dikatakan Bupati, UPTPK meraih juara kedua Regional Asia Pasifik kategori ”Promoting Whole of Government Approaches in the Information Age” dalam kompetisi UNPSA 2015. Keputusan berasal dari pengumuman resmi yang dirilis United Nation Public Service Award (UNPSA). UNPSA adalah penghargaan dibidang pelayanan publik tingkat dunia.

”UPTPK dinilai mampu menunjukkan kualitas pelayanan publik yang sangat baik,” imbuhnya.

(rad-sol/***)