Capek Scroll: Baca Berita Penting Aja!!!

 


Hot Expose

BPJS Harus Kreatif

63
×

BPJS Harus Kreatif

Sebarkan artikel ini
MH Said Abdullah, Ketua Banggar DPR RI/NET

Oleh: MH. Said Abdullah (*)

Saat rapat kerja DPR RI dengan pemerintah di Komplek DPR-MPR, Jakarta, Selasa, 31 Mei, saya sebagai Ketua Badan Anggaran (Banggar) agak keras mempertanyakan pengelolaan BPJS Kesehatan. Ini semua demi kepentingan seluruh rakyat, yang sedang mengalami musibah sakit. Jadi, jangan lagi kesulitan sakit diperparah kondisi saat penangan pengobatan.


Sebagaimana diketahui Banggar DPR RI telah memberikan arah kebijakan fiskal negara untuk meningkatkan layanan BPJS Kesehatan untuk masyarakat. Namun, faktanya di lapangan, masih banyak peserta BPJS Kesehatan yang mendapatkan perlakuan sebelah mata di berbagai tempat pelayanan kesehatan.

Jika ini terus berlanjut cara pengelolaan BPJS, perlu dipikirkan untuk dirombak agar ada jaminan riil perlindungan dan keadilan buat peserta dalam mendapatkan pelayanan. Ini jika BPJS Kesehatan masih saja memperlakukan peserta seperti warga negara kelas dua.

Banyak hal terkait pengelolaan BPJS, yang masih jauh dari memuaskan dalam pelayanan kepada masyarakat. Ironisnya, lebih terkait pada mekanisme kerja terutama dalam hubungan dengan rumah sakit.

Peserta BPJS untuk hal paling elementer saja yaitu saat mendaftar sudah dibuat sulit. Pertanyaanya, pernahkah BPJS melakukan pengawasan dan mengambil tindakan terhadap rumah sakit, yang kurang memberikan pelayanan kepada peserta BPJS?

Sering terjadi, ketika peserta mendaftar saja harus antri bahkan dari sejak sebelum subuh. Apakah karena pasien yang berobat berjubel? Ternyata, tidak berhubungan dengan jumlah pasien tetapi lebih karena sistem kerja. Rumah Sakit pada kasus itu, menyatukan seluruh pasien penyakit apapun mendaftar di satu tempat. Bahkan kadang hanya pada satu loket. Akibatnya, pasien harus berjubel untuk melakukan pendaftaran.

---
***