Scroll untuk baca artikel
Pertahanan

BNPB dan TNI AD Teken Perjanjian Kerja Sama Penanggulangan Bencana

Avatar photo
191
×

BNPB dan TNI AD Teken Perjanjian Kerja Sama Penanggulangan Bencana

Sebarkan artikel ini

Maduraexpose.com- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menandatangani perjanjian kerja sama sinergitas penanggulangan bencana di gedung Graha BNPB Jakarta, pada Senin (19/2/2024).

Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Utama BNPB, Rustian dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Maruli Simanjuntak yang disaksikan langsung oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

Suharyanto menyatakan bahwa kerja sama antara BNPB dengan TNI AD dalam penanggulangan bencana telah terjalin sejak lama.

Menurut dia, TNI merupakan bagian pentaheliks dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

Kehadiran TNI dalam situasi bencana tidak hanya terjadi pada masa darurat bencana saja, namun juga pada masa sebelum hingga sesudah terjadinya bencana.

Melalui penandatanganan kerja sama itu, kedepannya BNPB bersama dengan TNI AD akan meningkatkan penguatan upaya-upaya penanggulangan bencana di Indonesia.

“Pertemuan hari ini bukan awal, kerja sama itu sudah dalam rentang waktu yang lama dan masih berlangsung hingga sekarang. Jadi (kerjasama ini) bukan tentang program baru, tetapi memperkuat apa yang sudah berjalan sehingga bisa lebih optimal,” kata Suharyanto.

Suharyanto menjelaskan salah satu contoh peran TNI AD dalam kerja sama penanggulangan bencana yang sudah berlangsung dapat dilihat pada penanganan bencana hidrometeorologi banjir Demak.

Ia menyebut bahwa prajurit TNI turun langsung ke lapangan untuk mengevakuasi warga, mendirikan tenda, hingga menyiapkan dapur umum.

------------------------