Kampus STKIP PGRI Sumenep bergolak. Demo mahasiswa tuntut transparansi keuangan (Dok.MaduraExpose.com)

Maduraexpose.com- Banyak kalangan melayangkan pertanyaan ke pihak redaksi tentang gelar doktor seorang Musaheri dilingkungan STKIP-PGRI Sumenep. Entahlah, berikut kupasan lengkap tentang gelar doktor Musaheri yang dirilis situs stkippgrismp.ac.id tanpa di edit sedikitpun:

DOKTOR PERTAMA DI LINGKUNGAN STKIP PGRI SUMENEP
(Sebagai Ucapan Selamat Atas Kesuksesan Meraih Gelar Doktor)

Drs. Musaheri, M.Pd., MM. sebagai Promovendus pada Program Pascasarjana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya telah berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan 12 Profesor dan Penguji dalam Ujian Terbuka tanggal 27 Pebruari 2013.

Prof. Dr. Hj. Ida Ayu Brahmasari, drg. Dipl. DHE, MPA (rektor Untag) selaku Ketua Sidang Ujian Terbuka mengatakan: “Saudara Promovendus amat terpelajar, apakah saudara sekarang dalam keadaan sehat dan sadar akan menjalani Ujian Terbuka?”. Musaheri mengatakan: “ saya sehat dan sadar serta siap mengikuti Ujian Terbuka”. Tanda palu diketokkan tiga kali merupakan awal dimulainya berbagai pertanyaan, tanggapan dan saran yang ditanyakan kepada Promovendus.

Sesuai dengan hasil penelitiannya, Musaheri mengungkap substansi Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru merupakan pijakan mendasar untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru secara berkelanjutan. Sejalan dengan itu, tuntutan profesionalisme guru memasuki abad pengetahuan di era globalisasi, telah dicanangkan program Better Education through Reformed Management and Universal teacher Up-Grading (BERMUTU) yang merupakan jawaban dalam menyikapi fenomena tuntutan peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan profesionalisme guru.

Lebih lanjut dipaparkan bahwa upaya semacam itu semakin nyata untuk segera dilakukan, karena pada realitasnya, kinerja guru, termasuk guru-guru yang ada di Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional (R-SMA-BI) masih rendah. Fenomena semacam itulah yang menjadi faktor mendorong untuk meneliti: “Pengaruh Motivasi Berprestasi, Locus of Control dan Self Leadership terhadap Kompetensi dan Kinerja Guru Eks Rintisan SMA Bertaraf Internasional Se-Madura” sebagai judul disertasinya.

Dinamika perkembangan pendidikan menuntut guru untuk memikirkan cara cara benar dalam berkarya dan bekerja guna menghasilkan sesuatu yang bermakna sesuai visi sekolah. Mengingat pentingnya peran personal guru dalam pendidikan sebagai tumpuan terdepan, guru dijadikan prioritas penanganan untuk ditingkatkan kualitas kinerjanya secara berkelanjutan. Kualitas kinerja yang tinggi diharapkan dapat memberi sumbangan yang sangat berarti bagi kemajuan sekolah sebagai institusi strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Pada akhir sidang ujian terbuka, para penguji melakukan rapat internal untuk melaksanakan dan membacakan keputusan predikat kelulusan sang Promovendus. Dan akhirnya dengan predikat “Sangat Memuaskan” Promovendus dinyatakan sebagai lulus Doktor Ilmu Ekonomi dengan memiliki hak yang melekat pada gelarnya dan kewajiban untuk terus mengabdikan diri untuk kepentingan bangsa dan Negara.

Dengan penuh khidmat UPT Laboratorium dan Multimedia, serta sivitas akademika STKIP PGRI Sumenep mengucapkan SELAMAT dan SUKSES kepada Dr. Musaheri, M.Pd., MM. Semoga tetap selalu membawa maju dan berkembang dengan kualitas STKIP PGRI Sumenep menuju Perguruan Tinggi Sehat Terakreditasi yang disegani di Pulau Madura, khususnya dan wilayah Nusantara Umumnya.

(*)

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM