Belum Cukup Kursi, Paslon Pilkada dari PDI Perjuangan Rawan Diganti

0
299
Paslon Bacabup-Bacawabup hasil deklarasi PDI Perjuangan Minggu 21 Juni 2020/Istimewa

SUMENEP, MADURAEXPOSE.COM–Meski PDI Perjuangan sudah mendeklarasikan pasangan bakal calon Bupati (Cabup) dan Cawabup Sumenep untuk maju di Pilkada Sumenep beberapa waktu lalu, namun tidak berarti aman-aman saja. Justru pasangan calon (paslon) ini diprediksi banyak kalangan bakal terjadi perubahan.

Ada dua faktor yang membuat pasangan calon ini rawan terjadinya perombakan pasangan calon. Pasalnya, berdasarkan informasi yang bersumber dari KPU Kab Sumenep pada peroleh kursi parpol di DPRD pada Pemilu 2019, PDI Perjuangan hanya memperoleh 5 kursi dan Hanura lebih parah lagi, yakni 3 kursi disusul partai Golkar yang tidak dapat kursi sama sekali.

“Syarat Ambang Batas Pencalonan Kepala Daerah itu khan kalau tidak salah minimal harus didukung 10 kursi partai. Kalaupun disatukan PDI Perjuangan dan Hanura masih kurang 2 kursi lagi. Menurut saya, pasangan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah masih rawan dilakukan perombakan paslon,” ungkap Anwar Muhammad, dari forum aktivis Sumekar Network, Senin 6 Juli 2020.

Sekadar mengingatkan, pasangan calon PDI Perjuangan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah resmi dideklarasikan pada Minggu 21 Juni 2020 lalu di Sekretariat PDIP Jalan Lingkar Barat Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Achmad Fauzi yang merupakan ketua DPC PDI Perjuangan itu, saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Sumenep priode 2015-2020 mendampingi Bupati Busyro Karim yang saat itu menjadi Ketua DCP PKB di Kota Keris tersebut.

Dalam keterangannya disela acara, Achmad Fauzi menjelaskan soal deklarasi dirinya dengan Dewi Khalifah atau Nyi Eva untuk meyakinkan publik yang meragukan rekomendasi partai pengusung.

“Kepada Masyarakat Sumenep, hari ini DPC PDI Perjuangan memastikan bahwa pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang diusung PDI Perjuangan ini ialah Fauzi-Eva, ujar Keponakan Said Abdullah Ketua Banggar DPR RI ini kepada awak media.

Untuk diketahi, sesuai hasil rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Anggota DPRD Sumenep pada Pemilu 2019, PKB menjadi pemenang dengan memperoleh 10 kursi, disusul PPP 7 kursi, Demokrat 7 kursi, Gerindra 6 kursi, PAN 6 kursi, dan PDI-P 5 kursi.

Kemudian Partai Hanura mendapatkan 3 kursi, Nasdem 3 kursi, PKS 2 kursi, dan PBB 1 kursi. Sementara partai Golkar, dari 7 daerah pemilihan (Dapil) yang ada sama sekali tidak meraih kursi.

FERRY ARBANIA I MADURAEXPOSE.COM