Banyuwangi Bakal Kuras Uang Hingga Rp 609 miliar

0
587
Ilustrasi

MADURA EXPOSE—Perhatian khsus Bank Indonesia (BI) Cabang Jember untuk kebutuhan lebaran di Kabupaten Banyuwangi rupanya cukup mengagetkan.

Pasalnya, sudah menjadi tradisi kebanyakan orang, begitu lebaran tiba, budaya member uang bagi sanak keluarga sudah mendarah daging. BI telah menyiapkan Rp 609 miliar uang baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam hal ini, pihak BI membangun kerjasama dengan pihak Bank Jatim Banyuwangi, seperti diakui oleh Ridholi Ichwan, Pemimpin Bidang Operasional Bank Jatim Banyuwangi.

“Untuk kas titipan semua didroping ke Bank Jatim oleh BI, kemudian selain untuk nasabah, kami juga membagi untuk 25 bank di Banyuwangi,” ungkapnya kepada awak media.

Dari Rp 609 miliar tersebut, lanjut Ridholi, sebesar 80 persen diakuinya merupakan emisi uang lama dan 20 persennya emisi pecahan uang terbaru. Penukaran uang ini sudah bias dilakukan mulai besok tanggal 12 12 Juni dengan menggunakan mobil kas keliling.

“Penukaran tiap hari Rabu dan dikantor bank mulai tanggal 12 Juni besok,”imbuhnya.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Rinciannya, penukaran melalui Kas keliling itu dilakukan 3 kali dalam seminggu. Sedang Rabu besok, dijadwalkan ke pasar Wongsorejo Pasar Banyuwangi. Sedangkan daerah terpencil seperti daerah Sarongan, Kecamatan Pesanggaran akan dilayani langsung oleh pihak BI. [dbs/Ferry]