14 ABK dan 181 Penumpang Kapal Terbakar di Laut Malut Selamat

0
77

Maduraexpose.com– Sebanyak 181 penumpang dan 14 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Karya Indah yang mengalami kebakaran di tengah lautan Maluku Utara (Malut) telah dievakuasi. Kepala KSOP Kelas II Ternate Affan Tabona menyatakan seluruh penumpang kapal selamat.
“Saat ini proses evakuasi terhadap 14 ABK dan 181 penumpang kapal telah selesai dilakukan dan seluruhnya dalam kondisi selamat,” kata Affan lewat keterangan tertulis, Sabtu (29/5/2021).

Affan menyampaikan KM Karya Indah tiba-tiba mengalami kebakaran dalam perjalanan dari Pelabuhan Ternate menuju Pelabuhan Sanana. Pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran dan masih berfokus melakukan proses evakuasi.

“Belum diketahui penyebab terbakarnya kapal tersebut. Kami berfokus terhadap proses evakuasi para penumpang dan awak kapal,” ungkapnya.

KSOP Kelas II Ternate dan UPP Sanana telah mengerahkan kapal patroli KPLP dan Basarnas beserta kapal-kapal pelayaran setempat. Affan turut mengapresiasi kesigapan awak kapal dalam kondisi darurat.

“Kami sangat mengapresiasi kesigapan awak kapal yang menerapkan SOP keselamatan dalam kondisi darurat kepada penumpang,” ujarnya.

Sebelumnya, KM Karya Indah mengalami kebakaran di tengah lautan Malut. Ada 181 orang penumpang di kapal tersebut.

KM Karya Indah merupakan kapal penumpang berukuran GT 1.148 dengan kapasitas 300 orang. Pada saat kejadian, kapal sedang membawa 14 orang ABK dan 181 penumpang, yang terdiri atas 155 orang dewasa, 22 anak, dan 4 lansia.

Dalam video yang beredar, tampak seluruh penumpang mengenakan pelampung. Mereka tampak sudah berada di perairan dan ada yang masih bertahan di atas kapal. Di antara mereka bahkan ada yang terlihat melompat ke laut. Sementara itu, di kapal tersebut terlihat api menyala dan asap hitam tebal membubung.

Para penumpang dievakuasi ke Desa Waisum, tidak jauh dari lokasi kapal terbakar. Nantinya mereka akan dibawa ke Sanana.

HotNews:  Babinsa Koramil 0827/06 Saronggi Tingkatkan Hubungan Kerja Melalui Komsos Dengan Warga Binaan