MADURAEXPOSE.COM, SUMENEP– Jumat (22/9/2017) –  Kegiatan pra Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 100 tahun 2017 sudah dimulai, Kegiatan Pra TMMD ke-100  tingkat Kodim 0827 Sumenep  yang tepatnya di laksanakan di Desa Tarogan Koramil 0827/05 Lenteng adalah penyiapan bahan dan material  para personil yang akan kerja dan menyiapkan  rumah yang akan ditempati anggota serta Lokasi Upacara Pembukaan TMMD.

Bati Bakti Sterdim 0827 Sumenep Serma Agus selaku Tim Observasi dilapangan mengatakan kita sudah koordinasi dengan aparat RT dengan Kepala Desa Tarogan diawali dengan penyiapan material yang akan digunakan sehingga dalam pengerjaannya nanti mudah dan cepat.

Karena kita tau kondisi fisik di lapangan dan ada beberapa lokasi yang akan kita prioritaskan dahulu untuk di kerjakan didesa ini dengan segera seperti Pembuatan Gorong Dusun Kebun, Pemavingan, Pembangunan Masjid dan pembuatan Tandon air.‎

Komandan Kodim 0827 Sumenep Letkol Inf Budi Santosa. S,Sos mengatakan, pelaksanaan pra TMMD ke- 100 difokuskan pada pembangunan fisik yang membutuhkan proses pekerjaan panjang.

Pada pelaksanaan pra TMMD ke- 100  ini kita melibatkan anggota Kodim 0827 Sumenep dan Koramil bersama masyarakat Desa setempat.  Letkol Budi Santosa menegaskan bahwa program TMMD ini akan melibatkan seluruh prajurit TNI yang bertugas dalam satgas TMMD ke 100 ini selama 1 bulan.

Menurut Dandim, para prajurit akan hidup di tengah-tengah masyarakat serta menginap di rumah rumah masyarakat, yakni tempat dimana lokasi pembangunan akan dilakukan. “Tiap rumah warga akan ditempati 2 sampai 3 prajurit TNI, sehingga prajurit TNI bisa berbaur dan lebih dekat dengan rakyat.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Para Prajurit TNI juga akan menyerahkan uang makan kepada tuan rumah, termasuk apa yang akan di masak oleh tuan rumah atau masyarakat itu juga yang akan di makan oleh prajurit yang mendiami rumah masyarakat. “Yang pasti soal makan atau menu, tidak ada perbedaaan nanti yang dimakan prajurit maupun tuan rumah. Pungkasnya. (Pur/Fer)