berita_97577_800x600_tonnyhebiansyahPemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Kotim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tahun 2014 ini akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) untuk lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) khusus untuk formasi Satuan Polisi Pamong Praja dan Polisi Hutan.

CPNSD Satpol PP yang memiliki ijasah SMA, akan diterima sebanyak 15 orang sedangkan Polisi Hutan sebanyak 5 orang. Adapun Total seluruh CPNS yang akan diterima Pemkab Kolaka Timur pada tahun 2014 ini sebanyak 300 orang yang seleksi penerimaannya akan dilaksanakan setelah ada petunjuk dari Kemenpan Republik Indonesia.

Pejabat Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah menjelaskan seleksi penerimaan CPNSD tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana proses seleksi akan menggunakan sistem tes komputer yang disebut Computer Assisted Tes (CAT). Dalam test tersebut setiap peserta sudah langsung mengetahui nilai hasil tes yang dijalani.

“Saya menghimbau kepada masyarakat, bahwa sistem perekrutan sekarang sangat ketat, semua serba komputer, mulai dari pendaftaran sampai tes. Kuncinya bagaimana kita belajar, karena itu diberikan kesempatan untuk seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara,” Tutur Tony Herbiansyah, di Rate-Rate, Senin (18/8/2014)

Dirinya menambahkan, Kolaka Timur merupakan salah satu daerah yang tahun ini menerima paling banyak menerima CPNSD bersama Kabupaten Konawe Kepulauan. Dari 300 CPNSD yang akan diterima sebagian besar diperuntukkan untuk formasi tenaga kesehatan dan pendidikan.

Meski mendapat jatah tambahan PNS yang cukup besar dibandingkan dengan daerah lain, Kabupaten Kolitm masih saja kekurangan PNS.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Saat ini jumlah pegawai yang terdata sekitar 2.000 orang termasuk tenaga honorer. Idealnya Kabupaten Kolaka Timur membutuhkan PNS sebanyak 3.000 sampai 4.000 orang untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Akibat masih kurangnya jumlah PNS tersebut, sejumlah jabatan yang ada di Pemkab Kolaka Timur masih kosong. (Fery/WDA/RRI)