MaduraExpose.com–Akibat cuaca laut buruk (ekstrim), pelayaran ke sejumlah Kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, khususnya ke kepulauan Masalembu dan Kangean menjadi lumpuh karena terpaksa ditunda demi keamanan.

Syahbandar Pelabuhan Kalianget mewarning seluruh pelayaran ke sejumlah kepulauan agar ditunda. Mengingat kondisi cuaca laut mulai 1-5 Agustus 2019 cukup ekstrim, yakni sekitar 3 meter.

Sehungga sejumlah operator menunda jadwal pelayaran, seperti Dharma Bahari Sumekar 1 tujuan Kalianget-Kangean, Sabuk Nusantara 92 Tujuan Masalembu.

“kita of dulu karena ada himbauan dari syahbandar dan BMKG,” kata Zainal, direktur Pelaksana PT. Dharma Bahari Sumekar, Sabtu (3/8/2019).

Menurut ramalan dari BMKG ombak besar sekitar 3 Meter dan angin 22 knot perjam terjadi sejak 1-5 Agustus 2019, sehingga untuk menjaga keselamatan khususnya kapal tujuan pulau Masalembu dan Kangean.

“kita tunda dulu pelayaran Kalianget-Masalembu InsyaAllah tanggal 6 baru berangkat,” kata Hariyanto, Nahkoda KM. Sabuk Nusantara 92, di Pelabuhan Kalianget.

Akibat adanya penundaan pelayaran tersebut puluhan warga tujuan Kepulauan khususnya Kangean, sapeken dan Masalembu mereka tertahan di Pelabuhan Kalianget. (Meo)

HotNews:  Video Ketua PKB Sumenep Viral Soal Rekom Fattah Jasin