Memburu Ketokohan Malik Effendi Dibalik Rekom PAN ke Paslon PDIP Sumenep

0
248
Bakal calon Bupati Fattah Jasin mendatangi Kantor PAN Sumenep, Jalan Trunojoyo, Gedungan, Batuan, Sumenep, Selasa 17 Maret 2020.[Ilustrasi Foto/Net]

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Catatan Ferry Arbania*

Maduraexpose.com–Sebenarnya judul tulisan ini kurang menarik dan terlalu panjang karena tak biasa dilakukan demi menghemat keterbatasan tafsir bagi sebagian kalangan yang kadang hanya membaca judul tanpa melanjutkan ke halaman tulisan.

Namun demikian, ada yang menarik untuk kita kaji bersama dalam “memburu” ketokohan Malik Effendi, politisi PAN yang sangat dikenal dan disegani dalam komunitas maupun relasinya. Yang menarik dan selalu jadi perbincangan hangat elit politisi di Sumenep adalah kemana arah dukungan tokoh yang satu ini?

Tulisan ini tak punya maksud apa-apa kecuali mewakili rasa penasaran banyak politisi dan mungkin kelompok lain yang ikut menyimak perkembangan Pilkada Sumenep yang tinggal tiga bulan lagi. Namun yang jelas, hinggapun pendaftaran pasangan calon (paslon) di KPU Kabupaten Sumenep dibuka, tak seorangpun yang bisa menjelaskan kemana tokoh politisi PAN Senior asal Sumenep yang kerap terlihat bersama Kubu Fattah Jasin-Ali Fikri yang saat ini tercatat sebagai Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang diusung PKB. Bahkan beberapa media yang mencoba mengorek keterangan mengaku kesulitan.

Sosok Malik Effendi menjadi sangat istimewa, karena politisi senior yang pernah mencalonkan diri sebagai Cabup pada Pilkada Sumenep 2005 berpasangan dengan Afif Hasan ini sempat heboh akan maju kembali pada pemilihan Bupati tahun ini yang dijadwalkan KPU 9 Desember 2020. Sayangnya, niat Malik Effendi yang hendak maju melalui Partai Amanat Nasional (PAN) itu dibatalkan dengan alasan keluarga seperti dilansir dari media TribunMadura.com sebelumnya. Padahal, mantan Anggota DPRD Jawa Timur itu sudah mengantongi SK dari partai berlambang matahari terbit tersebut.

Yang tak kalah menariknya, sosok Malik Effendi kerap tertangkap kamera bersama paslon yang diusung PKB, yakni Fattah Jasin-Ali Fikri. Padahal, seperti publik ketahui, PAN tempat Malik Effendi mengepakkan sayap politiknya itu nyata-nyata mengusung pasangan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah yang diusung oleh PDI Perjuangan, PAN, Gerindra, PBB dan PKS.
Mengutip pemberitaan Nusadaily edisi 18 Maret 2020 dengan judul: PAN Dukung Penuh Fattah Jasin, Buah Manis Gerilya Politik, Bakal calon Bupati Fattah Jasin mendatangi Kantor PAN Sumenep, Jalan Trunojoyo, Gedungan, Batuan, Sumenep, Selasa 17 Maret 2020. Kedatangannya untuk merespons dukungan dari DPD PAN Kabupaten Sumenep.

Partai berlambang matahari putih memberikan dukungan penuh kepada mantan Kepala Dishub Jawa Timur tersebut. Itu juga berkat keseriusan Fattah dalam melakukan gerilya politik.
“Kita semua pengurus DPD dan DPC PAN Sumenep berkumpul dan secara resmi, memberikan dukungan penuh kepada bapak Fattah Jasin sebagai calon Bupati Sumenep,” ujar Politisi senior PAN Sumenep Malik Efendi. https://nusadaily.com/jatim/pan-dukung-penuh-fattah-jasin-buah-manis-gerilya-politik.html

Sementara Achmad Fauzi, Ketua DPC PDI Perjuangan dikonfirmasi terkait komunikasinya dengan Malik Effendi setelah DPP PAN menyatakan dukungannya untuk bergabung bersama paslon Achmad Fauzi-Dewi Khalifah mengaku enggan memberikan komentar.
“Soal Pak Malik, saya No Comment. Tapi kalau soal dukungan PAN, Alhamdulillah tetap solid untuk memenangkan pencalonan kami,” demikian Achmad Fauzi saat dikonfirmasi media ini beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, media ini sempat menanyakan soal PAN tanpa kehadiran Malik Effendi melalui pesan WhatsApp yang dikirim Redaksi ke nomor pribadinya, namun tak merespon. sebelumnya, sosok yang sangat disegani dikalangan PAN itu sempat mem-forwarded visi misi Fattah Jasin-Ali Fikri melalui WA miliknya pada akhir Juli 2020 lalu. “Akankah PAN bekerja maksimal memenangkan paslon Achmad Fauzi tanpa kehadiran Malik Effendi?”. Wallahu a’lamu bisshawab!!! [*]

*Wartawan Sontoloyo.
[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]