Membanggakan, Perwira TNI Raih Predikat Siswa Asing Terbaik Di Korsel

0
106

Maduraexpose.com–Perwira siswa TNI yang menempuh pendidikan di Korea Selatan menorehkan prestasi yang mengharumkan nama bangsa di komunitas internasional. Prestasi kali ini, diukir oleh Mayor Kav Ronald Tampubolon, S.H

Mayor Ronald yang sedang mengikuti pendidikan Bahasa Korea di Korea Defense Language Institute (KDLI) berhasil meraih predikat Siswa Asing Terbaik dalam pendidikan target course untuk melanjutkan ke Joint Forces Military University (JFMU), setingkat Sesko Angkatan Darat di Korsel. Pendidikan itu diikuti oleh 85 perwira militer dari 26 negara.

Mayor Ronald juga berhasil mencapai level 4 pada ujian Bahasa Korea yang berbasis Test of Proficiency in Korea (TOPIK) yang diselenggarakan oleh National Institute for International Education (NIEED).

Atas prestasi itu, penghargaan diberikan langsung oleh Komandan KDLI, Kolonel Sin Ki Eob pada upacara penutupan pendidikan bahasa Korea pada 4 Desember 2020 lalu.

Sekedar infomasi, KDLI adalah lembaga pendidikan bahasa di bawah Kementrian Pertahanan Korsel yang mengajarkan berbagai bahasa asing seperti Bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, Spanyol, Cina, Jepang, Rusia, Jerman dan Arab.

Pendidikan Bahasa Korea yang dilaksanakan selama 10 bulan di KDLI merupakan prasyarat sebelum mengikuti pendidikan lanjutan setingkat Sesko Angkatan di Joint Forces Military University (JFMU)dan setingkat Lemhanas di Korean National Defense University (KNDU).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan pendidikan kali ini banyak mengalami perubahan seiring pandemi Covid-19 yang telah memasuki gelombang ketiga di Korsel. Kegiatan pendidikan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam program ini, TNI mengirimkan lima perwira, yakni Kolonel Mar Sungatijantoro, Mayor Kav Ronald Tampubolon, Mayor Laut (P) Nana Suryana, Mayor Mar Faizal Imam dan Mayor Pnb Siswantoyo. [rm]