Kisah Peternak Puter Pelung Sukses Raih Omset Jutaan Rupiah

0
50

Maduraexpose.com– Siapa yang tak kenal burung puter pelung. Burung yang satu ini memang sudah tak asing lagi, bahkan kerab ditemui dibeberapa daerah di Indonesia, termasuk Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Salah satu peternak Burung Puter Pelung asal Kecamatan Jatiroto, tepatnya di Dusun Kembangan, Desa Banyuputih Kidul, Mahmud Fahrozi sukses dan berhasil meraup omset hingga jutaan rupiah, melalui usaha ternak burung tersebut.

“Memang untuk menernak puter pelung memang seperti biasa-biasa saja, namun gak bisa dianggap remeh,” kata dia di kediamannya, Selasa (6/10/2020).

Dirinya juga mengaku, mulai menernak burung tersebut sudah sejak tahun 2016 akhir. “Jadi awalnya saya punya satu, kemudian setelah mendengar suaranya, saya mulai tertarik. Dan disitulah saya mulai menekuni puter dan belajar ke luar daerah, alhamdulillah sampai saat ini sudah berjalan dan berhasil,” katanya.

Menurutnya, Burung Puter Pelung yang dinilai memiliki ciri khas suara merdu dan panjang miliknya itu, juga telah sukses dipasarkan hingga luar pulau, dua diantaranya, yakni Bandung dan Bali.

Sementara untuk harga per burung, dibandroli kisaran Rp2 juta sampai Rp 3 juta atau lebih. Namun, dijelaskan Fahrozi, hal tersebut dilihat melalui spesifikasi perindukannya, sebab proses pemasaran dilihat dari kualitas suara.”Jadi kita lihat suaranya, kalau semakin lemas suara itu, maka semakin mahal nilai jualnya,”ujar dia.

Selain itu, peternakan milikinya, juga telah masuk dan berbadan hukum Perkumpulan Penggemar dan Pelestari Puter Seluruh Indonesia (P4SI) pusat.

Tak hanya itu, Fahrozi yang juga sebagai Ketua P4SI Kabupaten Lumajang itu, telah membentuk kelompok penggemar puter mulai 19 Juli 2020 lalu. Kini, P4SI Lumajang memiliki anggota sekitar 80 orang penggemar puter. (MC Kab. Lumajang/Ard/An-m)

[infopublik]