Scroll untuk baca artikel
Suluh Ramadhan

Kemenag Sumenep Belum Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 1445 H, Tunggu Hasil Rukyatul Hilal

Avatar photo
219
×

Kemenag Sumenep Belum Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 1445 H, Tunggu Hasil Rukyatul Hilal

Sebarkan artikel ini

Maduraexpose.com- Seperti biasa Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep akan melaksanakan Rukyatul Hilal atau pemantauan bulan secara langsung untuk menetapkan awal puasa di bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah tahun Ini.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, KH. Abdul Wasid, M.Pd, menegaskan, Rukyatul Hilal rencananya akan dilakukan pada Minggu lusa, dengan melibatkan sejumlah organisasi Islam (ormas) yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Insya Allah Minggu lusa 10 Februari 2024. Kami akan laksanakan Rukyatul Hilal di beberapa lokasi di pesisir pantai utara Sumenep,” jelasnya, Jum’at (08/03/2024).

Diakui KH. Abdul Wasid, jika dari beberapa lokasi di pantai utara Kabupaten Sumenep, di antaranya Pantai Taneros Desa Beluk Ares, Kecamatan Ambunten, yang biasa digunakan untuk melaksanakan Rukyatul Hilal ketika menjelang momentum seperti penentuan awal bulan dan hari raya keagamaan lainnya.

Dikatakan pula jika hasil dari Rukyatul Hilal akan langsung disampaikan kepada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur saat itu juga. Dan selanjutnya diteruskan dilaporkan kepada Menteri Agama untuk ditindaklanjuti dengan sidang isbath untuk menentukan awal puasa di bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah.

“Jadi kami masih menunggu hasil sidang isbath yang digelar pada Minggu malam, setelah Rukyatul Hilal,” tandasnya. [ren/fer]

------------------------