Ini penyebab Meninggalnya Pasien dari Pulau Sakala

0
2208
Pasien asal Pulau Sakala, Kangean meninggal diatas perahu. Warga setempat keluhkan miskinnya sarana transportasi laut (Foto: Dok.Rahman/MaduraExpose.com)

Sumenep, MaduraExpose.com- Bermaksud Hendak berobat karena sedang sakit seorang warga desa pulau sakala kecamatan sapeken menghembuskan nafas terakhir di atas kapal saat dalam perjalanan menumpang kapal dharma bahari sumekar 1 dari pelabuhan Batu Guluk, Pulau Kangean tujuan pelabuhan Kalianget, Sumenep Jawa Timur.

korban bernama Horasia (50), menderita sakit karena usus buntu, rencananya korban hendak di rujuk ke rumah sakit daerah kabupaten pamekasan, namun di perjalanan nyawa korban tidak tertolong karena di duga terlalu lama menempuh perjalanan sehingga kelelahan.

“korban rencana mau di rujuk ke rumah sakit pamekasan mau di operasi”, kata Moh. nur, perawat pustu desa sakala.

korban diduga meninggal dunia karena terlalu capek setelah menempuh perjalan laut yang cukup lama, dari pulau sakala ke pelabuhan batu gukuk kangean satu hari menggunakan perahu kayu, kemudian dari baru guluk ke pelabuhan kalianget sembilan jam, sementara peralatan medis sangat terbatas, sementara kondisi korban sudah satu minggu lebih tidak bisa buang air besar.

sebelumnya korban sempat di rawat sekedarnya di puskesmas pembantu desa sakala, karena kondisinya tidak ada perubahan korban kemudian di rujuk ke puskesmas sapeken karena kondisinya makin parah langsung di rujuk ke daratan.

sudah sekitar satu minggu menderita usus buntu, kata moh. nur, menambahkan.

korban meninggal di atas kapal dharma bahari sumekar 1 setelah sekitar tiga jam menempuh perjalanan dari pelabuhan batu guluk, kapal memilih meneruskan perjalanan ke palabuhan kalianget yang memakan waktu sekitar sembilan jam.

aturan pelayaran kalau sudah lebih satu jam perjalanan kita harus terus karena membawa penumpang banyak, kata Bambang suprio, manager operasional kapal DBS 1, saat kapal sandar di pelabuhan kalianget.

kapal dharma bahari sumekar 1 berangkat dari pelabuhan batu guluk kangean sekitar pukul 09.30. wib pagi dan sampai di pelabuhan kalianget sumenep pukul 18.00 wib.
setelah sampai di pelabuhan kalianget korban langsung di turunkan ke perahu dan langsung di bawa pulang ke rumahnya di desa pulau sakala kecamatan pulau Sapeken kabupaten sumenep menggunakan perahu kayu. perjalanan laut dari kalianget ke pulau sakala di perkirakan memakan waktu 24 jam dalam kondisi cuaca normal menggunakan perahu tradisional.

pulau sakala merupakan salah satu pulau terluar yang terletak di ujung paling timur kabupaten sumenep jawa timur.

(man/fer)