Yusril Ihza Mahendra dan Rizal Ramli (kanan) dua tokoh nasional yang ikut memperkuat SMSI

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 akan dipusatkan di Padang, Sumatera Barat. Setiap tahunnya, puncak peringatan HPN selalu dihadiri Presiden Republik Indonesia.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) sebagai organisasi yang mewadahi perusahaan media online akan terlibat pada HPN 2018. Keberadaan SMSI pun disambut baik Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

“Saya sudah menyampaikan kepada Pak Gubernur bahwa pada acara Hari Pers Nasional 2018 mendatang di Padang, SMSI mendapat tugas untuk melaksanakan dua kegiatan, Pameran Pekan Media Digital dan Pertemuan Akbar Pers Mahasiswa,” ujar Ketua SMSI Sumatera Barat, Yal Aziz usai bertemu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Sabtu (17/6/2017).

Yal Aziz mengungkapkan, SMSI mendapat tugas dari Penanggung Jawab HPN 2018 yang juga Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono untuk menyelenggarakan dua kegiatan di arena HPN 2018.

Kegiatan pertama adalah Pameran Pekan Media Digital dan kegiatan kedua, Pertemuan Akbar Pers Mahasiswa Indonesia yang dilakukan bersamaan dengan pelayaran menggunakan KRI dari Tanjung Priok ke Teluk Bayur.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyambut baik keterlibatan SMSI dalam peringatan HPN 2018 yang akan dipusatkan di Sumatera Barat. Ia meminta agar SMSI Sumbar berkoordinasi dengan PWI Sumbar untuk persiapan HPN 2018. Gubernur Irwan Prayitno bahkan menjadwalkan untuk membahas persiapan-persiapannya secara bersama setelah Lebaran.

“Saya ingin SMSI dan PWI Sumbar, saiyo sakato mensukseskan HPN 2018 di Padang,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Secara khusus, Irwan Prayitno juga mengajak SMSI, khususnya di Sumatera Barat, mengambil peran kunci dalam membangun arus informasi yang sehat. Menurut dia, SMSI merupakan ujung tombak agar media siber di Sumatera Barat tidak ikut menyebarluaskan berita hoax dan ujaran kebencian.

HotNews:  Calon Bupati Sumenep 2020 Wajib Baca 'Cara' Menang Pilkada Ala Buya Ini

Diketahui, SMSI merupakan organisasi perusahaan media massa berbasis internet yang didirikan oleh sejumlah pemilik dan pengelola media siber nasional dan daerah pada bulan Maret 2017, serta dideklarasikan pada April 2017.

Saat ini SMSI telah memiliki pengurus di 21 Provinsi dengan anggota lebih dari 250 perusahaan media siber di Indonesia. Direncanakan, SMSI akan mendaftarkan diri sebagai konstituen Dewan Pers pada bulan September mendatang.

(newsmedia)