Scroll untuk baca artikel
Headline NewsRadar PemkabSUMENEP EXPOSE

Fauzi Maju Pilgub Jatim, Sebentar Lagi Sumenep Ganti Bupati

Avatar photo
1063
×

Fauzi Maju Pilgub Jatim, Sebentar Lagi Sumenep Ganti Bupati

Sebarkan artikel ini
Achmad Fauzi Bupati Sumenep/Istimewa.

Maduraexpose.com— Dalam hitungan bulan Kabupaten Sumenep kemungkinan besar akan ganti Bupati setelah Achmad Fauzi lengser dari jabatannya untuk priode 2021-2024.

Achmad Fauzi terpaksa hanya memimpin sekitar 3,5 tahun sebagai Bupati Sumenep setelah keluarnya peraturan baru tentang Pilkada Serentak 2024, jika tak ada perubahan digelar pada November 2024 mendatang.


Kemungkinan Sumenep akan ganti Bupati, jika Achma Fauzi tidak nyalon lagi dan maju di Pilgub Jatim. Kemungkinan itu setelah marak diberitakan Ketua DPC PDI Perjuangan akan maju di Pilgub Jawa Timur.

Sebelumnya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi santer diberitakan sejumlah media nasional, bahwa yang bersangkutan masuk tiga besar tokoh Jawa Timur yang layak maju di Pilgub Jatim.

Berdasarkan hasil data dari Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) pada 5-15 September 2023, mengungkap ada tiga besar tokoh yang elektabilitasnya dalam kontestasi calon gubernur.

Dikutip dari sejumlah sumber, pada tingkat tersebut, Achmad Fauzi membayangi nama Emil Elestianto Dardak di bursa calon wakil gubernur.

Achmad Fauzi nangkring diperingkat ketiga dengan total suara 15,2 persen, di bawah duo petahana Khofifah Indar Parawansa 37,5 persen dan Emil 18,45 persen. Fauzi juga telah melewati Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang hanya mengantongi 5,7 persen.

“Alhamdulillah kalau banyak yang menilai kinerja saya bagus dan dianggap layak maju di Jawa Timur. Akan tetapi, saya masih di Sumenep, masih banyak yang mau saya selesaikan di sini,” demikian Achmad Fauzi kepada media. [Ferry Arbania]

------------------------