Deklarasi Achmad Fauzi- Dewi Khalifah: Dari Lawan Menjadi Kawan, Ini dia Rekam Jejak Nyai Eva

0
360

[vc_row][vc_column][vc_column_text]MADURAEXPOSE.COM, SUMENEP– Banyak kalangan tidak menyangka jika Dewi Khalifah yang saat ini dideklarasikan oleh PDI Perjuangan sebagai pendamping Achmad Fauzi untuk maju dalam konstestasi Pilkada Sumenep 9 Desember 2020.

Pada Pilkada 2015, Dewi Khalifah menjadi Calon Wakil Bupati berpasangan dengan Zainal Abidin, mantan Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur dengan didukung 8 partai oleh delapan partai politik, masing-masing Partai Demokrat, PAN, Gerindra, PKS, Hanura,PBB, Golkar, dan PPP.

Ini adalah kali ketiga Dewi Khalifah atau lebih karib dipanggil Nyai Eva mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Sumenep. Pertama tahun 2010 lalu, dirinya bergandengan dengan Asazi Hasan meski harus kandas setelah melewati pertarungan sengit melawan A Busyro Karim-Sungkono Sidik dalam tiga kali putaran pemilihan. Kini Nyai Eva kembali akan bertarung dengan menggandeng mantan lawan politiknya di Pilkada Sumenep 2015

.Ada hal menarik saat itu KPU Kab Sumenep tengah melakukan rekapitulasi hasil suara Pilkada Sumenep 2015 malah dikepung ribuan pengunjukrasa dari masyarakat Sumenep dan pendukung pasangan calon Zainal Abidin – Dewi Khalifah.

KPU tetap tak bergeming dan terus bekerja menuntaskan proses rekap dari 27 PPK baik di wilayah daratan dan kepulauan Sumenep, Madura, Kamis (17/12/2015).

Hasil rekapitulasi di tingkat KPU Sumenep, pasangan calon (Paslon) 1, yakni Abuya Busyro Karim – Achmad Fauzi mengungguli paslon 2, Zainal Abidin-Dewi Khalifah (ZA-EVA).

Paslon 1 yang diusung PKB, PDI Perjuangan dan Partai NasDem memperoleh 301.887 suara. Sedangkan paslon 2 yang diusung delapan (8) partai politik memperoleh 291.779 suara.

Selisih perolehan suara keseluruhan dari 2400 tempat pemungutan suara ( TPS ) se Kabupaten Sumenep antara Paslon 1 dengan Paslon 2 sebasar 10.108 suara.

Editor: Ferry Arbania
Sumber:

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]