Bupati Sumenep, A Busyro Karim, menerima anugerah penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM di Gedung Negara Grahadi Surabaya [Humaskab]

MADURAEXPOSE.COM–Dalam peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) se dunia Ke 68 tahun 2016 yang di gelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya Jl Gubenur Suryo Surabaya, Bupati Sumenep, A Busyro Karim, menerima anugerah penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM (Menhukam).

Anugerah tersebut diberikan pada Kamis (8/12/2016) lalu, karena Kabupaten Sumenep pada tahun 2015 tercatat sebagai kabupaten atau Kota peduli HAM dan Lounching Simas HAM.

Penghargaan berupa Piagam tersebut diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, kepada Bupati Sumenep A Busyro Karim, serta kepada 228 Kabupaten yang ada di Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, mengatakan jika piagam penghargaan diberikan, dalam rangka memperingati hari HAM sedunia Ke 68 tahun 2016.

Penganugerahan piagam penghargaan itu, diberi Tema, “Harmoni dalam hak asasi manusia, kesejahteraan pemajuan hak asasi manusia”.

Sehingga kegiatan tersebut menjadi terkenal dalam menginformasikan jumlah kabupaten atau kota, yang pencapaian implementasi hak asasi manusia serta peraturan presiden 75/2015 tentang rencana Nasional HAM periode 2015-2019 dan permenkumhum 25/2013 tentang penilaian kabupaten atau kota peduli HAM.

Yasonna juga menyampaikan jika kemenkumham sebagai alat pemerintah bertugas memantapkan dan memastikan terlaksananya kehormatan, pemenuhan, perlindungan, penegakan dan pemajuan hak asasi manusia (P5HAM) di Negara tercinta.

Selain itu, Yasonna juga mengajak seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah supaya menjaga keseimbangan dan keselarahan dalam mewujudkan hak asasi manusia.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Menteri Yasonna berpesan agar pemerintah menjamin hak-hak politik, ekonomi, sosial dan budaya masyarakat. Pemerintah harus memberikan layanan pendidikan dan layanan kesehatan.

(Din/***)

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM