Pasang Iklan Tanpa Batas Hub.081332778300

Sumenep(maduraexpose.com)- Pengolahan lahan yang baik sebelum padi ditanami adalah salah satu kunci utama dari keberhasilan panen. Karena lahan ladang merupakan tempat mengambil cadangan hara yang dibutuhkan tanaman Jagung. Oleh karena itu, pertumbuhan tanaman jagung di antaranya akan dipengaruhi sejauh mana proses pengolahan yang dilakukan sebelum ditanami. Jum’at, (1/12/2017).

Serka M. Maksum Babinsa Desa Basoka, Dusun Batoguluk, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura-Jawa Timur sedang membantu warga Bapak Abdulah membajak tanah menggunakan Handtraktor. hal ini dilakukan menggunakan alat modern yang mana Handtraktor agar mempersingkat waktu tahap pengolahan lahan dari pada dengan menggunakan hewan sapi atau kerbau yang membutuhkan waktu lebih lama.

“Pengolahan ladang menggunakan handtraktor ini dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur”, Serka M. Maksum.

Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air. “Imbuhnya”.

Babinsa tidak sebatas itu saja dalam mendampingi membatu kami, pada tahun-tahun kemarin Pak Babinsa membantu sampai masa panen jagung tiba. Terbukti, sejauh dilaksanakan sejak mulai tahun 2015 lalu ketahanan pangan terutama jagung yang saya panen ini mengalami peningkatan yang Signifikan. ” Kata Bapak Abdulah”.

Dengan pengolahan lahan menggunakan Traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional,” pungkas Serka M. Maksum. (sur/fer)

HotNews:  Babinsa Koramil Saronggi, Ajak Warga Binaan Peduli Kebersihan Lingkungan