Bahaya, Desa Pragaan Laok Masuk Catatan Zona Merah

0
1226

MADURAEXPOSE.COM,SUMENEP- dalam waktu dekat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan membentuk desa tahan bencana (Destana) di empat desa, yang masuk zona merah.

Pembentukan distana di empat desa tergolong zona merah itu akan dilakukan, agar desa tersebut memiliki kecepatan tanggap darurat dalam mengatasi bencana.

Sedangkan empat desa yang masuk zona merah bencana itu adalah, Desa Langsar Kecamatan Saronggi, Desa Sindir Kecamatan Lenteng, Desa Pragaan Laok Kecamatan Pragaan dan Desa Payudan Daleman Kecamatan Guluk-guluk.

“Tujuan embentukan Destana itu adalah untuk mengatasi bencana apapun yang terjadi di desa itu,” kata Abd Rahman Readi, Kepala BPBD Sumenep, Jum’at (22/9/2017).

Menurutnya, empat desa ini sering terjadi bencana. Untuk Desa Langsar terjadi bencana kekeringan, Desa Sindir bencana banjir, Desa Pragaan Laok dan Payudan Daleman terjadi bencana longsor.

“Kami berharap, desa lain ikut membentuk Destana agar apabila terjadi bencana bisa cepat ditanggapi, bahkan bisa mengantisipasi terjadinya bencana sebelum terjadi,” ungkapnya.

Sementara salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh desa, diantaranya desa harus memahami karakter bencana, memiliki rencana program, dan ada keberpihakan dana dari desa melalui DD dan ADD. (din/ahm/fer)

HotNews:  Mahasiswa Tolak Tambang Fosfat, Bupati Fauzi: “Sumenep Harus dijaga bersama”