Scroll untuk baca artikel
Expose Utama

Babinsa Perkuat Program Pompanisasi Pertanian di Musim Kemarau

Avatar photo
258
×

Babinsa Perkuat Program Pompanisasi Pertanian di Musim Kemarau

Sebarkan artikel ini

Sumenep, Maduraexpose.com – Babinsa Koramil 16 Gapura Kodim 0827/Sumenep terus menggalakkan upaya untuk menjaga stabilitas potensi pertanian di tengah tantangan musim kemarau yang telah berlangsung sejak pertengahan awal Mei.

Salah satu langkah strategis yang diambil adalah melalui program pompanisasi. 11 unit pompa brigade di wilayah Kecamatan Gapura setiap harinya terus di optimalkan, salah satunya di Desa Gapura Barat.

Babinsa Koramil 0827/16 Gapura Sertu Mofiq mengatakan program ini menjadi bagian integral dari upaya percepatan tanam yang dilakukan pada musim kemarau.

Menurutnya, program ini menjadi krusial mengingat dampak yang ditimbulkan oleh fenomena El Nino yang berkepanjangan.

“Kami merasakan dampak langsung terhadap cuaca saat ini, kami membantu petani untuk mengoptimalkan sawah dengan pompanisasi,” kata Sertu Mofiq. Kamis (11/7/2024).

Selain pompanisasi, upaya lain yang dilakukan adalah penanaman varietas padi yang tahan terhadap cekaman air.

Sertu Mofiq mengatakan langkah tersebut diharapkan mampu mempertahankan produktivitas pertanian di Kecamatan Gapura meskipun dihadapkan pada tantangan cuaca ekstrem.

“Menghadapi dampak El Nino dan kemarau, tentu banyak sekali upaya yang kita lakukan. Langkah cerdas untuk mempertahankan lumbung pangan di Kabupaten Sumenep,” pungkasnya.

Dengan berbagai upaya ini, dengan mengoptimalkan pompanisasi berharap dapat mengatasi tantangan berat yang dihadapi dalam menjaga kestabilan sektor pertanian di tengah ancaman musim kemarau. (yud/fer)

------------------------