Sumenep (Maduraexpose.com)- Komunikasi sosial (Komsos) adalah bagian dari pembinaan teritorial (Binter) yang harus dilaksanakan setiap prajurit di satuan kewilayahan. Bintara Pembina Desa (Babinsa) terus melakukan pendekatan kepada masyarakat di wilayahnya.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0827/04 Bluto Koptu Adi Mukhlas, dengan melaksanakan anjangsana ke rumah Tokoh Pemuda Bapak Musriadi Dusun Aeng Baje Kenek Rt 004 Rw 006 Desa aeng Baje Kenek Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Rabu (11-9-2019).

Koptu Adi Mukhlas mengatakan kegiatan anjangsana seperti ini merupakan agenda rutin yang dilakukan Babinsa Koramil 0827/04 Bluto di wilayah binaannya, hal ini bertujuan agar babinsa lebih dekat dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah binaannya, selain untuk mempererat silaturahmi juga menjaga hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan tokoh pemuda di Desa binaannya.

Sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) harus selalu melakukan pembinaan teritorial (Binter) di wilayah binaanya dengan mendatangi dan berkomunikasi langsung dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan elemen masyarakat yang ada di desa tersebut.

“Dengan terjalinnya komunikasi yang baik akan memudahkan babinsa dalam memperoleh informasi terkait deteksi dini dan cegah dini terhadap setiap perkembangan situasi wilayah,” kata Koptu Adi Mukhlas.

Koptu Adi Mukhlas berpesan kepada pemuda agar selalu menjaga komunikasi dengan aparat baik itu Babinsa ataupun Babinkamtibmas.

“Sebagai pemuda kampung, sudah sepatutnya menjadi contoh dan penggerak masyarakat dalam memajukan kampungnya. Salah satunya dengan menjaga keamanan dengan selalu berkordinasi dengan pihak aparat seperti Babinsa dan Babinkamtibmas setempat,” ujar Koptu Adi Mukhlas.

“Kalian para pemuda juga wajib menjadi pemecah masalah yang terjadi di kampung ini. Dan secara tidak langsung para pemuda juga memiliki tugas untuk memantau keamanan wilayah desa sebagai upaya untuk mewujudkan desa yang kondusif,” tambah Koptu Adi Mukhlas.

Sementara itu, Bapak Musriadi Tokoh Pemuda, menyampaikan, untuk situasi keamanan di Desa ini telah terjaga dengan baik, berkat pembinaan dari Babinsa dan Babinkamtibmas yang secara terus menerus mendampingi para pemuda di kampung ini.

“Kami tentunya berterima kasih kepada aparat, dimana terus mengayomi serta memberikan pendampingan seraya untuk bertukar fikiran kepada pemuda dan masyarakat demi majunya kampung ini,” ungkap Musriadi.

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari Tokoh Pemuda dan seluruh warga Desa, mengingat betapa pentingnya kehadiran Babinsa di tengah-tengah warganya, yang mampu menciptakan ketentraman dan memberi solusi untuk mengatasi berbagai masalah di desa.

“Babinsa sudah seperti keluarga bagi kami, tempat kami berbagi baik dalam suka maupun duka, semoga babinsa selalu hadir di tengah-tengah kami, untuk bersama-sama membangun Desa Aeng Baje Kenek,” pungkas Musriadi. (ali/fer)