MADURAEXPOSE.COM, SUMENEP –  Babinsa Kalebengan  Koramil 0827/13 Rubaru Kodim 0827 Sumenep Serka Ahmad Kusfandi melaksanakan komsos dengan petani cabe bertempat di Dusun Kalebengan Deje Desa Kalebengan  Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep – Madura. Sabtu (16/9/2017)

 ‎
Kegiatan dilaksanakan pada waktu saat  para petani istirahan dalam menggarap lahan cabe  sehingga tidak mengganggu aktivitas mereka. Dalam kesempatan tersebut Serka Kusfandi melaksanakan tanya jawab dengan para petani seputar kondisi pertanian diwilayah mereka serta kemungkinan kendala yang ditemui para petani dalam menggarap lahan pertaniannya di musim kemarau.‎

 Sala Satu Petani di Dusun Kalebengan Deje Bapak Satnawi mengungkapakan bahwasannya kendala yang dihadapi petani pada saat musim kemarau seperti ini adalah ketersediaan air untuk tanam padi, maka para petani terpaksa menanam polowijo dan cabe untuk tetap mengolah lahan pertaniannya, sedangkan di musim penghujan atau musim tanam padi adalah terbatasnya alat mesin pertanian dan tenaga kerja yang terbatas apalagi dengan diterapkanya pola tanam serempak serta adanya program perluasan Lahan Tambah Tanam Padi (LTT) di Desa Kalebengan.

Sehingga para petani mengharapkan kepada pemerintah untuk memberikan bantuan Alsintan dan ketersediaan air untuk lahan sawah, sedangkan masalah pupuk untuk saat sekarang distribusi dan stok pupuk lumayan terkendali sehingga para petani tidak merasa kesulitan. Ujarnya.

Babinsa Kalebengan Koramil 0827/13 Rubaru Serka Ahmad Kusfandi  mengatakan bahwa akan mengkoordinasikan dengan pihak UPT Pertanian, dan yang pasti pemerintah melalui Dinas Pertanian akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu masalah yang dihadapi oleh para petani sehingga mereka tidak akan kesulitan dalam mengolah sawah. Disamping itu Babinsa akan selalu melaksanakan pendampingan pertanian bekerja sama dengan PPL Pertanian untuk memajukan pertanian di wilayah,Ujarnya.‎

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

(Pur/Fer)