40 Persen DD Banuaju Barat Sasar Ekonomi Pertanian

0
37
Suninto (kanan), Kepala Desa Banuaju Barat, Kecamatan Batang-Batang, disaksikan Ketua BPD Banuaju Barat Rohanna, saat menyerahkan secara simbolis BLT DD beberapa waktu lalu/Istimewa

Maduraepose.com– Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2021 Desa Banuaju Barat, Kecamatan Batang Batang, Kabupaten Sumenep, lebih tekankan ke pemberdayaan peningkatan pertanian. Pasalnya, realisasi dana tersebut, untuk pembangunan infrastruktur fisik, yakni makadam jalan usaha pertanian dan paving.

“Anggaran DD tahun 2021 40 persen sudah masuk tinggal tahap II 40 persen, kami lebih tekankan ke pemberdayaan peningkatan ekonomi pertanian pembangunan fisik makadam dan paving,” kata Kades Banuaju Barat, Suninto.

Sehingga, pertanian itu sebagian persen usaha masyarakat Desa Banuaju Barat, agar dalam melakukan aktifitas lebih mudah dengan akses jalan usaha itu mempermudah untuk menekan biaya.

“Kesejahteraan masyarakat tergantung kita melakukan realisasi yang tepat sasaran terhadap ekonomi kerakyatan,” ungkapnya.

Selain itu, target kedepan kades Banuaju Barat, peningkatan ekonomi masyarakat, potensi yang sangat produktif yang perlu diperdayakan dalam usaha. seperti gula Siwalan yang sudah menjadi usaha turun temurun.

“Karena selama ini gula Siwalan tidak terkemas lebih menarik sehingga perlu adanya pelatihan untuk peningkatan SDM,” ucapnya.

Sehingga, menurut Suninto, Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) saat ini masih berjalan dengan simpan pinjamnya, namun peran BUMdes nantinya yang akan menjadi barometer pemasaran untuk bisa menampung hasil produksi masyarakat

“BUMdes saat ini masih berjalan dengan simpan pinjam, dan kedepan wadah BUMdes ini nantinya yang akan menjadi penampung usaha produktif di Desa Banuaju Barat,” jelasnya.

Air juga menjadi salah satu penopang ekonomi, jelas Kades dua periode ini, saat ini pembanguan PAMSIMAS yang sudah 3 tahun berjalan dikelola dengan serius, sehingga saat ini sudah menjadi omset besar yang dikelola oleh BUMdes.

“Kami terus berkomitmen kedepan peningkatan ekonomi terus kami tekan, agar kesejahteraan masyarakat terjamin,” tutupnya.

Sementara itu, Kades Banauju Barat berterimakasih kepada operator yang selama ini ikut andil membantu dalam proses DD ADD.

“Kami berterimakasih kepada para operator yang telah membantu kami, Oprator sangat membantu kami selama ini,” ungkapnya.

(*)