GERAKAN SERIBU SUARA UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN
YANG MENDUKUNG KESEHATAN JANTUNG

MaduraExpose.com- Hari Jantung Sedunia dicanangkan oleh WHF (World Heart Federation) pada tahun 2000 untuk memberikan informasi kepada negara serta masyarakat di seluruh dunia bahwa penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan stroke) adalah penyebab kematian nomor satu di dunia, memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya.

Hari Jantung Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 29 September dengan tema yang berbeda-beda sesuai issue-issue pokok dan topik yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Tema tahun 2014 adalah: heart-healthy environments (lingkungan yang mendukung kesehatan jantung)

WHF dan anggota-anggotanya secara serempak menyebar-luaskan berita bahwa paling tidak 80% dari kematian dini akibat penyakit kardiovaskuler sebenarnya dapat dicegah bilamana 4 faktor risiko utamanya – merokok, mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, kurang aktifitas fisik dan konsumsi berlebihan minuman beralkohol – dapat dikendalikan.

Keberhasilan Hari Jantung Sedunia bergantung kepada pro-aktifnya para anggota dari seluruh dunia dalam menyebarluaskan hal-ihwal penyakit kardiovaskuler ini – penyakit pembunuh nomor satu di dunia –

Tema 2014, “heart-healthy environments”, dimaksudkan agar tempat kita hidup/ tinggal, bekerja dan bermain seharusnya tidak meningkatkan resiko kita mendapat penyakit jantung dan stroke.

Tapi seringkali manusia tidak dapat memilih ‘pola hidup jantung-sehat’ karena faktor lingkungan, seperti tidak adanya pilihan makanan yang sehat, tidak adanya ruang-ruang bebas asap rokok, dst.

Oleh karena itu Yayasan Jantung Indonesia mengajak semua lapisan masyarakat dalam suatu gerakan menciptakan lingkungan yang menopang gaya hidup jantung sehat, di manapun kita tinggal, bekerja maupun bermain.

Untuk memperingati Hari Jantung Sedunia tahun ini, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) mengadakan rangkaian kegiatan dari tanggal 23 September hingga 10 Oktober.
Antara lain:
• Pemeriksaan Kesehatan Gratis. Mobil Van kesehatan Yayasan Jantung akan berkeliling di wilayah Jabodetabek pada lokasi-lokasi seperti Mall, perkantoran dan area keramaian lainnya. Masyarakat dapat memeriksakan kesehatannya secara gratis dan akan diminta untuk menyatakan dukungannya untuk hidup sehat dengan mengikuti foto booth yang akan diungguh ke media sosial.
• Aksi tematik di Car Free Day Bundaran HI tgl 28 September 2014. Aksi ini merupakan aksi puncak dari serangkaian acara yang bertujuan mengajak masyarakat luas untuk mencanangkan hidup sehat dan peduli pada lingkungan yang bersih, bebas polusi dan asap rokok. Aksi ini akan diramaikan dengan senam jantung dan long march yang diikuti oleh anggota dari Klub Jantung Remaja dan Klub Jantung Sehat dari Yayasan Jantung Indonesia. Acara dimulai di area jalan Teluk Betung pada jam 6.30 pagi.
• Long March dari Teluk Betung ke Bundaran HI dan kembali ke Teluk Betung
• Gerakan seribu tandatangan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan jantung kita, di Bundaran HI, jam 8.00 pagi
• Talkshow mengenai kesehatan jantung dalam rangka menyambut WHD di televisi
• Lomba Lompat Tali Jantung Sehat (LTJS) antar Sekolah Dasar se-DKI Jakarta, tgl 28 September 2014 di GOR Soemantri Brojonegoro, dimulai jam 8.00 pagi
• Peragaan Bantuan Hidup Dasar (BHD/ CPR) di Thamrin City, tgl. 28 Oktober 2014

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

(WTI/MEX)