Warna pakaian yang berbeda setiap harinya dapat memancarkan perasaan yang berbeda dan makna. Nah untuk lebih tahu arti warna pakaian, beberapa pakar fashion yang dikutip Everydayhealth, Senin (17/2/2014) mengemukakan pendapatnya.

“Warna dapat mempengaruhi dan mencerminkan suasana hati,” kata Konsultan Warna sekaligus Penulis The Color of Succes, Mary Ellen Lapp. Menurut Mary pemilihan warna membuat Anda berkomunikasi kepada orang banyak tentang kepribadian dan kesehatan emosional dan hati Anda.

1. Merah

Bila suka menjadi bahan perhatian, warna ini cocok sekali dikenakan. Menurut Stylist dan Peulis The Color of Style, David Zyla warna merah menggambarkan tingkat seksualitas yang tinggi dan memiliki tanggung jawab tinggi.

“Beberapa studi tentang warna merah pun menunjukkan bahwa warna ini memiliki efek yang kuat pada perilaku. Warna merah dapat mempengaruhi rentang perhatian kita dan bisa membuat orang lain tampak lebih menarik,” kata David.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS One mengatakan wanita yang menggunakan warna merah sebagai tanda hasrat seksual.

“Wanita mungkin tidak sadar menggunakan warna pakaian merah untuk menyampaikan sinyal seksual,” kata David menanggapi penelitian tersebut.

2. Biru

Warna biru dapat membawa ketenangan dan relaksasi. “Untuk membuat diri nyaman dapat memilih warna biru ini. Perasaan tenag dan dapat membuat suasana hati semakin kreatif,” kata Marry.

Penelitian dilakukan di University of British Columbia menemukan bahwa orang yang mengenakan biru menggambarkan kondisi keterbukaan dan perdamaian.

“Mereka merasa lebih aman mengeksplorasi ide-ide mereka ketika mereka dikelilingi oleh warna menenangkan,” kata Marry.

3. Hitam

Warna ini yang paling banyak dikenakan, karena mudah untuk memadupadankan. Namun warna ini membawa konotasi yang negatif untuk yang melihatnya.

“Tidak sedikit yang memilih hitam untuk mewakili sisi elegan, formal, dan pelangsing,” kata David. Sebuah studi yang dilakukan di University of Florida menunjukan pemain hoki mengenakan kaus hitam lebih mungkin untuk dikenakan sanksi pelanggaran agresif.

Dari penelitian itu, para ahli menyebutkan warna hitam menggambarkan sisi agresif Anda.

4. Hijau

“Jika ingin memancarkan kepercayaan dan kesehatan emosional yang positif kenakanlah pakaian warna hijau. Hijau warna yang lembut dan segar menyerupai alam yang menenangkan,” kaya David.

Hijau juga merupakan warna uang dan kekayaan. Studi terbaru yang dipublikasikan dalam Personality and Social Psychology Bulletin menemukan hijau juga dapat merangsang suasana hati yang kreatif.

Para peneliti mengatakan seseorang dengan warna hijau dapat meningkatkan sisi kreatifnya.

5. Oranye

David Zyle menyarankan menggunakan warna segar yang satu ini. “Warna jeruk ini bersifat kondusif untuk menggambarkan suasana kehangatan dan getaran. Orange mewakili arti positifnya kesehatan emosional dan rasa peduli yang tinggi,” katanya.

6. Ungu

“Warna ini menggambarkan rasa tidak nyaman, untuk wawancara atau pertemuan penting sebaiknya hindari warna ini,” kta David.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

(Mia/Abd)