Scroll untuk baca artikel
Hot Expose

Takut Tak Bisa Hamil, Baca Ini!!!

Avatar photo
75
×

Takut Tak Bisa Hamil, Baca Ini!!!

Sebarkan artikel ini

Setelah berbulan-bulan mencoba, kenapa belum hamil juga? Benak Ibu pasti dihantui perasaan takut dan khawatir. Belum lagi berbagai pertanyaan dari keluarga dan teman terdekat yang sering membuat Ibu makin merasa panik.

Perasaan khawatir tak bisa hamil memang banyak melanda kaum hawa. Terutama bagi mereka yang memang memiliki masalah kesuburan atau baru menikah saat usia hampir mendekati angka 40. Meskipun kedua faktor tersebut memang menjadi pemicu sulit hamil, jangan lantas berkecil hati jika kebetulan Ibu mengalaminya. Perkembangan teknologi kesehatan dan informasi saat ini semakin membuka peluang untuk hamil kok.

Jadi, daripada menyibukkan diri dengan perasaan khawatir dan pikiran negatif, lebih baik cobalah langkah-langkah berikut ini untuk membantu mengatasinya:

Ayo kembali berhitung, sudah berapa lama Ibu menikah? – Jika Ibu masih berusia 24-30 tahun dan baru menikah kurang dari setahun, maka tak perlu cemas berlebihan. Ibu baru dianjurkan berkonsultasi bila setelah setahun menikah belum juga berhasil hamil. Nah, jika Ibu kebetulan sudah berusia > 35 tahun, sebaiknya mulai coba berkonsultasi jika belum berhasil hamil setelah enam bulan.

Lakukan pemeriksaan kesehatan prakonsepsi. Jangan keburu paranoid membayangkan hasil pemeriksaan kesehatan yang tak sesuai harapan. Justru, pemeriksaan ini akan bermanfaat untuk menentukan langkah paling tepat yang harus dilakukan agar Ibu bisa segera hamil.

Hindari stres dan kelelahan berlebih. Membiarkan diri larut dalam kecemasan hingga menimbulkan stres, jelas tak ada manfaatnya lho, Bu. Penelitian menunjukkan bahwa stres terbukti menghambat kesuburan. Stres juga sering berujung pada kondisi sulit tidur/ istirahat. Akibatnya, tubuh menjadi kelelahan dan stamina pun terganggu. Kondisi fisik yang buruk jelas menghambat keberhasilan konsepsi.

------------------------