Scroll untuk baca artikel
Catatan RedaksiEditor's ChoiceHeadline News

Pilkada Sumenep: Nasib Achmad Fauzi PDIP “Tanpa Jokowi”

Avatar photo
513
×

Pilkada Sumenep: Nasib Achmad Fauzi PDIP “Tanpa Jokowi”

Sebarkan artikel ini

Oleh: Ferry Arbania

Achmad Fauzi dalam sebuah acara di Sumenep/Istimewa.

Pertarungan Pilkada Sumenep 2024 diprediksi akan berlangsung “dramatis” pasca kekalahan PDI Perjuangan dalam Pilpres 14 Februari 2024.

Banyak pihak memprediksi Nasib PDIP di Pilkada 2024 Tanpa Jokowi menjadi tantangan tersendiri, termasuk peluang dalam memenangkan Calon Bupati Petahana yang saat tak lain adalah Achmad Fauzi, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumenep.

Tanpa dukungan Jokowi, peran seorang Said Abdullah yang merupakan paman dari Bupati Achmad Fauzi diprediksi tidak akan berpengaruh signifikan di Sumenep. Belum lagi munculnya sosok KH Ilyasi Siraj Ketua DPC Gerindra yang merupakan adik kandung mantan Bupati Sumenep KH Ramdlan Siraj yang memiliki pengaruh besar di Kota Keris tersebut.

Kendati ini hanya prediksi, sosok Achmad Fauzi juga tak bisa diremehkan karena karir politiknya cukup panjang, setelah sebelumnya menjabat Wakil Bupati mendampingi Bupati Busyro Karim pada priode sebelumnya.

Mengutip laporan rakyatempatlawang.bacakoran.co dari Forum Keadilan yang tayang pada Sabtu (18/5/2024) menyebutkan pandangan Prof Lili Romli, Peneliti Senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bahwa “hilangnya” sosok Jokowi bisa berdampak pada perolehan suara PDIP di Pilkada.
“Bisa saja memang tanpa ada Jokowi akan berdampak negatif bagi pemenangan dalam pilkada. Namun, saya kira PDIP dan para pimpinannya sudah memperhitungkan apa dampak atau akibatnya.
Tanpa Jokowi, bisa jadi juga tumbuh militansi dari para kader PDIP,” ujar Lili kepada *Forum Keadilan* dikutip dari rakyatempatlawang.bacakoran.co pada Sabtu (18/5/2024).

------------------------