Tari Samba merupakan salah satu tarian yang berasal dari Afrika yang kemudian dibawa ke negara Brazil oleh para budak Afrika. Di Brazil tari Samba kemudian berkembang sebagai tarian rakyat.

Sejak tahun 1935 tarian Samba selalu ditampilkan pada karnaval Brazil “Carnaval Rio de Janeiro” yang diadakan setiap tahunnya di Rio de Janeiro. Karnaval di Rio dapat dikatakan sebagai karnaval terbesar di dunia yang hanya diadakan satu tahun sekali.

Acara karnaval ini mengikutsertakan kurang lebih dari dua juta orang. Lewat karnaval ini, Brazil seakan ingin menunjukkan pada dunia keindahan tarian Samba yang dimilikinya. Tarian Samba dikemas dalam berbagai tarian, musik, dan kostum. Para peserta melakukan parade menari sepanjang jalan atau di samba drome (tempat pertunjukan samba). Setidaknya ada 200 sekolah tarian samba di Rio yang ikut berpartisipasi dalam Carnaval Rio de Janeiro.

Walaupun tari Samba berasal dari Afrika tapi tarian ini lebih dikenal sebagai simbol dari negara Brazil dan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Brazil. Samba de Roda (tari lingkaran) dari Bahia, yang menjadi warisan dunia oleh UNESCO bidang kemanusiaan pada tahun 2005, adalah akar utama dari carioca samba, samba yang dimainkan dan ditarikan di Rio de Janeiro.

Secara tradisional, samba dimainkan dengan senar (cavaquinho dan berbagai jenis gitar) dan berbagai instrumen perkusi seperti tamborin. Dengan pengaruh orchestra Amerika sejak Perang Dunia Kedua dan dampak budaya musik Amerika Serikat pasca perang, mulai digunakan juga instrumen tiup seperti trombone, terompet, choro, flute, dan klarinet.

Tidak seperti tarian latin lainnya seperti Salsa dan Tango yang membutuhkan pasangan untuk melakukannya. Tari Samba dapat dibawakan secara individu. Samba sering disebut tarian yang menonjolkan aura keseksian, lebih dari itu tarian ini bisa membakar kalori dalam tubuh.

Gerakan tarian yang cepat akan membuat seluruh tubuh bergerak dan meningkatkan detak jantung. Dengan begitu proses pembakaran kalori pun lebih lama dan banyak. Dikatakan bahwa menarikan tarian latin seperti tari Samba selama satu jam sama akan membakar kalori sebanyak kita berenang atau berjalan selama satu jam.

Apalagi dengan diiringi musik yang dapat membangkitkan semangat, kegiatan membakar kalori tidak lagi membosankan dan berat. Hampir semua lagu bertempo 2/2, 4/4 dan 6/8 bisa dijadikan latar untuk latihan tari Samba. Selain bisa membakar kalori, tari Samba juga menghilangkan stres akibat bekerja.

Sumber: