Capek Scroll: Baca Berita Penting Aja!!!

 


Surabaya Expose

Pakde Karwo: Fokus RPJMD Pembangunan Seni-Budaya

103
×

Pakde Karwo: Fokus RPJMD Pembangunan Seni-Budaya

Sebarkan artikel ini
Gubernur Jatim Pakde Karwo dan Gubernur DIY Sultan HB X berbincang pada Kongres Bahasa Jawa VI 2016 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. [Foto:Istimewa]

MADURAEXPOSE.COM, YOGYAKARTA–Pembangunan seni dan budaya di Jatim menjadi fokus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Timur Tahun 2014-2019. Pembangunan seni dan budaya ditujukan untuk memperkuat jati diri masyarakat seperti solidaritas sosial, rasa kekeluargaan, semangat gotong royong, penghargaan terhadap nilai budaya dan bahasa daerah.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo saat Pembukaan Kongres Bahasa Jawa VI 2016 di Borobudur Ballroom Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Selasa (8/11) malam.


Ia mengatakan, melalui pengembangan seni dan budaya daerah diharapkan dapat mempertahankan dan mengembangkan potensi kearifan lokal dalam kehidupan masyarakat. “Pembangunan seni dan budaya pada dasarnya ditujukan untuk melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya daerah, serta mempertahankan jati diri dan nilai-nilai budaya daerah di tengah-tengah semakin derasnya arus informasi dan pengaruh negatif budaya global,” ujar Pakde Karwo sapaan lekat Gubernur Jatim.

Dijelaskan, Pemprov Jatim memberikan perhatian khusus untuk pelestarian bahasa dan budaya Jawa sebagai identitas lokal Jatim. Pemprov Jatim telah berkomitmen untuk terus meningkatkan penyediaan ruang bagi tumbuh berkembangnya seni dan budaya seperti fasilitas kesenian dan sanggar seni budaya bagi masyarakat. Di dalamnya teradapat pengembangan, pembinaan, dan perlindungan bahasa dan sastra daerah sebagai kekayaan sekaligus identitas lokal.

Lebih lanjut disampaikannya, Bahasa dan Sastra Jawa juga menjadi penanda keberadaan masyarakat Jatim, identitas dan jati diri ke-Jawa Timur-an, dan sarana komunikasi paling diterima di kalangan masyarakat Jatim.

 


HotNews:  Ujung Gelar Drumband - Tarian Madura Meriahkan Parade Surya Senja
---
***