Capek Scroll: Baca Berita Penting Aja!!!

 


Hot Expose

Megahnya Museum Polrestabes Surabaya

30
×

Megahnya Museum Polrestabes Surabaya

Sebarkan artikel ini
Kapolrestabes Surabaya dengan koleksi foto zaman dulu di museum

Surabaya, Maduraexpose.com- Museum berisi koleksi sejarah Kepolisian sejak zaman Belanda – Jepang, Sabtu malam (10/10/2015) diresmikan oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti hari ini Sabtu (10/10). Lokasi museum berada di dalam bangunan utama Mapolrestabes Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Yan Fitri Halimansya mengatakan, diantara koleksi museum pada zaman Belanda dan Jepang diantaranya peralatan identifikasi, senajata laras pajang dan pendek , peralatan kantor mesin ketik, kamera, brankas, alat pembesar sidik jari, seragam polisi, meriam dan sepeda pancal.


Selain koleksi itu, museum juga dilengkapi dengan baju seragam mantan Kapolri Jenderal Suroyo Bimantoro dan mantan Kapolri Jenderal Sutarman. Kedua mantan Kapolri ini pernah dinas di Polrestabes Surabaya.

Dulu, nama Polrestabes Surabaya bernama Hoofdbureau berubah menjadi Komtabes lanjut bernama Polwiltates dan hingga sekarang Polrestabes Surabaya.Peresmian yang akan disemarakan dengan hiburan campursari khas Surabaya ini, juga akan dihadiri oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemkot Surabaya.

Di sisi lain, museum Polrestabes Surabaya menambah pelayanan polisi kepada masyarakat. Tugas utama Kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, namun pelayanan itu diikuti pula dengan pelayanan terkait pengetahuan sejarah Kepolisian.
Hal ini bisa diwujudkan dengan memberikan kesempatan masyarakat melihat benda sejarah milik Kepolisan dari zaman ke zaman.
Menempati gedung cagar budaya sebagai kantor Kepolisian, Polrestabes Surabaya memanfaatkannya untuk Museum Sejarah.
Kasubag Humas Polrestabes Surabaya, AKP Lily Djafar menambahkan, ide mejadikan museum datang dari Kapolrestabes Kombes Yan Fitri Halimansyah.

 


HotNews:  Kalah Judi Slot, Suami di OKU Tewas Gantung Diri
---
***