Scroll untuk baca artikel
POLICELINE.ID

KY Ajak Masyarakat Lakukan Pemantauan Mandiri Persidangan Perkara Pemilu

Avatar photo
80
×

KY Ajak Masyarakat Lakukan Pemantauan Mandiri Persidangan Perkara Pemilu

Sebarkan artikel ini

Maduraexpose.com- Komisi Yudisial (KY) mengajak masyarakat untuk bersama-sama memantau persidangan perkara pemilu. Hal itu sebagai upaya pencegahan mengatasi kerawanan penyelenggaraan perkara pemilihan umum (pemilu) yang bermuara di pengadilan.

Anggota KY selaku Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Joko Sasmito memberi gambaran dari 13 persidangan perkara pemilu yang telah dan sedang dipantau KY, maka prediksi kerawanan kasus pemilu masih sama seperti Pemilu 2019 lalu. Perkara yang rawan masuk pada pengadilan, yaitu seputar politik uang, kampanye dengan menggunakan fasilitas negara, kampanye di tempat-tempat ibadah, dan pelanggaran netralitas.

“Upaya penyelenggaraan perkara pemilu yang jujur dan adil akan banyak tantangan, baik pengadilan ataupun di Mahkamah Konstitusi. Oleh sebab itu, KY telah menyusun instrumen berupa panduan bagi pemantau persidangan perkara pemilu agar masyarakat bisa melakukannya secara mandiri,” jelas Joko dalam dialog interaktif “Indonesia Menyapa” di RRI Pro 3 FM, Jumat (16/2/2024).

Joko juga menjelaskan beberapa upaya lain KY untuk memastikan agar peradilan perkara pemilu dapat dilaksanakan secara adil dan jujur, baik dari segi pemantau ataupun hakim yang akan menangani kasus pemilu. Pertama, melalui pembekalan bagi para calon pemantau yang akan berkolaborasi dengan KY melalui bimbingan teknis.

Kedua, KY jemput bola untuk melaksanakan pelatihan tematik seputar penanganan perkara pemilu bagi para hakim yang tersebar di satuan kerja peradilan di Indonesia.

------------------------