Scroll untuk baca artikel
POLICELINE.ID

IPO: Pilpres 2024 Berpeluang Dua Putaran

Avatar photo
174
×

IPO: Pilpres 2024 Berpeluang Dua Putaran

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi/Net

[Best_Wordpress_Gallery id=”3″ gal_title=”Headline Foto Expose”]Maduraexpose.com- Pemilihan presiden (pillpres) 2024 masih jauh dari dua putaran. Hal itu berdasarkan hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) baru-baru ini.

Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah, mengungkapkan bahwa pada hasil survei terakhir yang rilis bulan lalu menempatkan pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencapai 42,3 persen.

Kemudian disusul paslon nomor 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 34,5 persen dan posisi ketiga ditempati pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 21,5 persen.

“Sejauh ini dalam catatan IPO, Pilpres berpeluang dua putaran, mengingat masih cukup jauh mengejar satu putaran,” kata Dedi kepada wartawan, Selasa (13/2).

Dedi menyebut pasangan Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud masih sama-sama berpeluang masuk ke putaran kedua melawan Prabowo-Gibran.

Menurut Dedi, jika benar-benar terjadi dua putaran, pendukung Prabowo-Gibran bisa terpecah karena melihat suara Prabowo sudah mentok.

“Termasuk elite yang ada di Prabowo bukan tidak mungkin terpecah karena posisi Prabowo yang sudah maksimum dalam hal elektabilitas,” ujarnya.

“Jika Ganjar yang masuk putaran kedua, maka koalisi Anies-Muhaimin masih mungkin bergeser ke Prabowo,” kata Dedi menambahkan.

Di sisi lain, Pengamat Politik jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini melihat peluang Anies menang di putaran kedua melawan Prabowo sangat terbuka melihat tren elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta itu meningkat cukup signifikan.

------------------------