@LombokJJ on Twitter

MADURAEXPOSE.COM, SENGGIGI – Ada banyak Air terjun dikawasn kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat salah satunya Dikawasan kecematan Gunung Sari Desa Guntur Macan. Masyarakat selama ini hanya mengenal air terjun Geripak, selain itu terdapat air terjun Treng Willis yang berada didesa yang sama yaitu desa Guntur.

“Makanya selama ini ketika tamu yang datang didesa guntur gunung sari hanya taunya satu air terjun Geripak itu aja, tapi cukup terkenal disaat kelokasi banyak wisatawan luar daerah maupun asing menuju kesana”kata Gede aryana selaku kepala bidang destinasi wisata Lombok Barat.

Lebiha lanjut,Gede aryana menuturkan Keterangan dari pihak RT dan Desa (red) Treng Wilis sendirikonon diambil dari nama banyaknya tumbuh pohon bambu-bambu kecil treng wilis disepanjang air terjun sehingga muncullah penamaan air terjun treng wilis oleh orang tua kita jaman dulu.

Menuju Lokasi air terjun Treng wilis di Desa Guntur Macan dengan lokasi jalan yang cukup sulit dilalui kendaraan, sehingga kita harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuju lokasi Air terjun ini. Air Terjun Treng wilis terdapat dilokasi yang tersembunyi sehingga menuju lokasi harus bertanyak kepada warga masyarakat sekitar.

Sesampainya dilokasi kelehan dan rasa capek menyusuri jalan yang terjal akan terobati dengan keindahan air terjun Treng Wilis. Setiap air terjunemeiliki nilai dan kenidahan masing-masing, Keistimewaan air terjung treng Wilis didesa Guntur Macan Lombok Barat sendiri seperti air terjun batu cadas dari atas sampai kebawah seperti buatan dan memang alami.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

“Daya tariknya air terjun, Treng Wilissendiri seperti air terjunbuatan,kerena mirip batu cadas, sehingga ketika sampai dilokasi terbayar dan merasa puas seperti kita naik gunung rinjani ada negri diatas awan,” pungkasnya.

Dengan melihat potensi wisata air terjun Greng wilis ini, Dispar Lombok Barat melalui Kabit Penatan Destinasi Wisata pada tahun 2017 ini, akan di lakukan penataan. Beberapa titik dikawasan tersebut akan kami lakukan penataan sesuai kondisi keuangan yang ada.

“kita lagi proses pengediaan gambar dan melakukan koordinasi dengan dinas terkait, sehingga akan segera kita lakukan eksekusi”tegasnya.

Prioritas penataan destinasi wisata Air tejun Treng Wilis Gunung sari, penataan destinasi Greng wilis terdapat beberapa titik dilakukan penataan seperti akses jalan, serta fasilitas –fasilitas untuk kebutuhan pengunjung baik itu ruang ganti, tampat duduk, dan lapak-lapak akan ditata lebih bagus lagi, serta lokasi para pedagang dan lahan parkir kita akan siapkan.Dengan pembenahan tersebut diharapkan dapat menyedot kunjungan wisata, harapnya.

Selain itu juga sambung gede aryana, kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak desa, supaya para penjual dapat ditata dan difasilitasi, sehingga dapat menjadi bagian dalam menunjang wisata, selain fasilitas dan akses jalan, kita harapkan juga ketersediaan kuliner dan lapak-lapak yang menjual prodak kerajinan khas daerah. (Cr-Oim)