Dana Desa Tersendat, Mendes Marwan Kerahkan JDN
MADURAEXPOSE.COM–Penyaluran dana desa tahap I-2016 yang seharusnya rampung akhir Maret ini, ternyata tak sesuai harapan. Karena, masih ada kabupaten yang belum menyerahkan laporan realisasi dana desa 2015.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Marwan Jafar, akhirnya mengutus tim Jelajah Desa Nusantara (JDN) guna mengidentifikasi pemicu tersendatnya realisasi dana desa ini.

”Semakin lama dana desa disalurkan, proses pembangunan juga akan tersendat. Bagaimana jalan, irigasi, ataupun talud bisa dibangun kalau dananya belum cair. Nah tapi masalahnya, dana itu belum bisa dicairkan kalau daerah belum memenuhi syarat administratif. Bikin laporan dana desa itu kan hanya cukup 2 lembar, terus masalahnya apa? Ini salah satu tugas tim JDN untuk mencari tahu,” ujar Menteri Desa Marwan di Jakarta, Jumat (17/6).

Politisi PKB bilang, syarat administrasi yang harus dilengkapi daerah untuk mendapatkan dana desa tahap I-2016 adalah menyerahkan peraturan daerah berupa APBD tahun anggaran 2016.

Persyaratan kedua, peraturan bupati/walikota mengenai tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa setiap Desa tahun anggaran 2016, dan persyaratan ketiga adalah laporan realisasi penyaluran dan konsolidasi penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2015.

MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM

[inilah.com]