Covid-19, SMPN 3 Sumenep Tetapkan Pembelajaran Daring Hingga Luring

0
68

MADURAEXPOSE.COM, SUMENEP–Pelaksanaan pembelajaran bagi siswa selama masa pandemi Covid-19 di SMPN 3 Sumenep dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran (SE) Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, tentang pelaksanaan pembelajaran, yakni melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui Dalam Jaringan (Daring), namun ada juga siswa yang terpaksa melaksanakan Luar Jaringan (Luring), karena keterbatasan siswa yang tidak memiliki HP android.

“Kami tetap melakukan kegiatan pembelajaran secara Daring hampir seratus persen, namun ada sekitar lima siswa yang tidak memiliki HP android, sehingga guru secara bergantian ke rumah siswa yang bersangkutan, untuk melakukan kegiatan pembelajaran Luring oleh guru mata pelajaran pada hari itu,” ungkap Kepala Sekolah SMPN 3 Sumenep, Syaiful Rijal Alinata, Rabu (29/07/2020).

Menurutnya, semangat siswa untuk belajar meskipun dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini dilakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui Daring, karena bagaimanapun tidak seperti biasanya yang dilaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), sehingga guru bisa berinteraksi dengan siswa secara langsung.

Hanya saja diakui Syaiful Rijal Alinata jika masih banyak keluhan orang tua siswa ketika dilakukan survei, terkait dengan kemampuan orang tua untuk membelikan paket data putra-putrinya. Karena itu, pihaknya merespon keluhan orang tua siswa tersebut dengan diusahakan akan dibelikan paket data untuk siswa.

Lebih lanjut menurut Syaiful, kebijakan tersebut diambil karena sekolah berpedoman pada Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis (Juknis) penggunaan Dana Operasional Sekolah (BOS) yang membolehkan biaya untuk pembelian paket data untuk guru dan siswa.

“Jadi, nantinya kami dapat membelikan paket data internet persiswa sehingga siswa akan terbantu dan mengurangi beban orang tua siswa,” pungkasnya. (Ren/ Fer)