Scroll untuk baca artikel
Expose UtamaRadar Pemkab

BPPKAD Sumenep Soal Pajak Mineral Non Logam dan Batuan

Avatar photo
31
×

BPPKAD Sumenep Soal Pajak Mineral Non Logam dan Batuan

Sebarkan artikel ini

Contoh lain yang harus bayar pajak jenis pajak mineral bukan logam batuan lainnya, lanjut Imam, berupa bentonit, magnesit, mika, pasir dan kerikil, pasir kuarsa, perlit, phospat, tanah serap (fullers earth), tanah diatome, tanah liat.

Berikutnya, berupa tawas (alum), tras, yarosif, zeolit, basal, trakkit dan mineral bukan logam dan batuan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kendati demikian, pihaknya juga menjelaskan, bahwa ada pengecualian tertentu dari objek pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan tersebut, yakni kegiatan pengambilan mineral bukan logam dan batuan yang nyata-nyata tidak dimanfaatkan secara komersial.

“Contohnya kegiatan pengambilan tanah untuk keperluan rumah tangga, pemancangan tiang listrik/telepon, penanaman kabel listrik/telepon, penanaman pipa air/gas; dan pertambangan lainnya, yang tidak dimanfaatkan secara komersial,”tandasnya.

Adapun subjek Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan adalah orang pribadi atau Badan yang dapat mengambil mineral bukan logam dan batuan. Wajib Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan adalah orang pribadi atau Badan yang mengambil mineral bukan logam dan batuan.*

Editor: Ferry Arbania
Sumber:———-

------------------------