Scroll untuk baca artikel
Hot Expose

BPJS Harus Kreatif

Avatar photo
93
×

BPJS Harus Kreatif

Sebarkan artikel ini
MH Said Abdullah, Ketua Banggar DPR RI/NET

BPJS perlu pula membuat sistem seperti halnya perangkat untuk memesan hotel yang saat ini bertebaran. Apa susahnya, BPJS membuat sistem yang mengumpulkan seluruh rumah sakit, yang menjadi mitra, lalu dihubungkan dengan sofware sehingga pasien yang sakit dapat mendaftar melalui alat komunikasi seperti ponsel, di mana ada rumah sakit, yang masih tersedia ruang inapnya.

Jika untuk penginapan seperti hotel, penginapan kecil sekarang ini siapapun dapat mengetahui keberadaan kamar apakah tersedia atau tidak, bukankah jauh lebih mudah memberikan informasi transparan, sistem yang mudah ketersediaan ruang rawat inap di rumah sakit sehingga masyarakat yang mengalami musibah sakit, dapat tertangani dengan baik.

Saya pikir semua orang memahami bahwa ketika ada keluarga, sanak saudara yang sakit, kesulitan demikian terasa. Jangan lagi kesulitan ditambah karena pelayanan rumah sakit, yang bermitra dengan BPJS, tidak mampu melayani secara optimal. BPJS sudah saatnya aktif, tidak hanya dalam soal mendorong masyarakat untuk membayar iuran, tapi juga mengontrol, mengawasi rumah sakit mitra serta mencari terobosan baru, agar mempermudah pasien tertangani dengan baik.

Tidak seorangpun di dunia ini ingin sakit. Jangan lagi, situasi sakit, yang membuat sulit baik pasien maupun keluarganya, ditambah lagi karena pelayanan kurang optimal. Saya optimis, jika ada kesungguhan untuk menata dan memperbaiki, penanganan masyarakat yang sakit dapat lebih baik, sehingga mengurangi kesulitan mereka. (*)

*Ketua Banggar DPR RI.

------------------------