Begini Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencang saat Menyusui, Dijamin Suami Gak Bakal Komplain!

0
89

Maduraexpose.com, Jakarta —

Air Susu Ibu (ASI) merupakan aset paling penting pada masa menyusui. Khususnya pada usia 6 bulan pertama setelah melahirkan, di mana ASI eksklusif menjadi makanan terbaik satu-satunya bagi si kecil.

Oleh karena itu, payudara harus dalam keadaan baik dan sehat agar melancarkan pemberian ASI untuk bayi. Salah satu kunci penting menyusui yakni merawat payudara untuk ibu.

Sebab, payudara acap kali mengalami masalah selama menyusui. Mulai dari nyeri atau sakit pada puting, pembengkakan payudara, infeksi jamur, dan lain sebagainya.

Selain untuk meningkatkan produksi ASI yang berkualitas, merawat payudara juga penting untuk ‘memuaskan’ suami. Dilansir dari laman sindikasi GenPI.co (28/7/2021) ini beberapa cara merawat atau perawatan payudara bagi ibu menyusui:

1. Menjaga kebersihan payudara

Ibu menyusui wajib secara rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang payudara. Ibu menyusui bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan seluruh bagian payudara saat mandi.

Selain itu, usahakan untuk menjaga payudara dan puting selalu bersih dengan membersihkan atau mencucinya sebagai cara merawat atau perawatan bagi ibu saat masa ini.

2. Tepuk pelan puting payudara untuk mengeringkannya

Jangan menggosok puting atau area payudara terlalu kuat saat ingin membersihkan atau mengeringkan. Hal ini sangat berisiko menimbulkan iritasi dan luka.

Ibu menyusui bisa mengusap atau menepuk-nepuk payudara secara perlahan. Jangan lupa, untuk menggunakan handuk bersih guna mengeringkan payudara.

3. Ganti kantung penampung ASI secara teratur

Jangan lupa mengganti kantung penampung ASI secara teratur jika Anda menggunakannya. Kantung penampung ASI biasanya diletakkan di dalam bra dengan lubang untuk memasukan puting dan menampung ASI.

Usahakan untuk mengganti breast pads secara teratur jika kantung ASI Anda sudah terasa penuh. Setelah itu jangan lupa mengganti dan mencuci kantung penampung ASI tersebut.

HotNews:  Viral Foto Duta Seleksi Tilawatil Qur'an Berpakaian Seksi, Panitia Banjir Hujatan

Hal ini bertujuan untuk memastikannya selalu bersih saat digunakan agar tidak tumbuhnya bakteri dan jamur yang berisiko menimbulkan masalah.

4. Gunakan bra yang nyaman

Memilih dan menggunakan bra sesuai dengan ukuran dan bentuk payudara bisa menjadi perawatan payudara yang tepat.

Ibu menyusui bisa menggunakan bra khusus untuk menyusui maupun bra biasa yang nyaman saat dipakai. Usahakan untuk memilih ukuran yang pas alias tidak terlalu ketat maupun kebesaran saat dipakai.(Herstory.co.id)