Aktivis HAM- HRW Sebut Serangan Saudi ke Yaman Pelanggaran Perang

0
688
Badan Anak-anak PBB, UNICEF, mengatakan, hingga hari kelima serangan udara koalisi Arab Saudi ke Yaman, Selasa (31/3/2015), sedikitnya 62 anak tewas dan 30 lainnya luka-luka. (Istimewa)

MaduraExpose.com-  Aktivis HAM dari Human Rights Watch (HRW) menyesalkan serangan yang dipimpin Arab Saudi ke Yaman sebagai bentuk pelanggaran. HRW memastikan serangan udara koalisi itu telah menewaskan sedikitnya 29 orang sebelumnya dan hal tersebut dinilai sebagai pelanggara hukum perang oleh pihak Arab Saudi terhadap Yaman.

HRW yang merupakan kelompok advokasi ini juga mencatat adanya sasaran militer yang menewaskan banyak warga sipil di Yaman. Joe Stork, Dirketur Timur Tengah dan Afrika Utara HRW menyerukan adanya keprihatinan semua pihak terkait adanya pelanggaran hukum perang di kawasan itu. Bahkan sebelumnya, Sekjen Peserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan keprihatinan mendalam terjadinya serangan atas Yaman tersebut.

Berikutnya, sebuah pabrik susu di Yaman Barat diluluh lantakkan oleh serangan rudal yang menewaskan 35 warga sipil. Sementara kabar yang beredar masih simpang siur apakah benar Arab Saudi yang melakukan serangan ataukah dilakukan oleh pihak pemberontak Houlthi.

(bbs/fer)