Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Indragiri Hulu, H Agus Rianto SH membuk secara resmi Promo Gemstone I Inhu se Provinsi Riau, Sabtu (7/2) malam di Lapangan Hijau Rengat.
Pameran batu akik terbesar se-Provinsi Riau ini akan berlangsung mulai tanggal 7 hingga 14 Februari 2015 mendatang. Salah satu yang coba diperkenalkan pada Promo Gamestone adalah batu lokal asal Inhu Laksmana Indragiri, yang sudah sangat terkenal dalam berbagai kontes batu akik di Indonesia. Bahkan dalam waktu dekat, Laksmana Indragiri akan segera dipatenkan sebagai salah satu batu akik asal Indragiri Hulu (Inhu).
Turut hadir pada acara pembukaan tersebut Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Edison S Sinabutar, Kepala Kejaksaan Negeri Rengat Teuku Rahman, Wakapolres Inhu Kompol Defrianto, Ketua Asosiasi Pencinta dan Penggemar Batu  Permata Riau Ir Ajie Panatagama, Ketua Indragiri Hulu Kreatif Adri Bahar serta para pejabat di lingkungan Pemkab Inhu.
Ketua Panitia Pelaksana Promo Gemstone I Inhu se Provinsi Riau, Mayor Kav Sukri Hendri mengatakan, bahwa pameran batu akik ini merupakan yang pertamakalinya dilaksanakan di lapangan terbuka. Sebab sebelumnya, kegiatan seperti ini hanya dilaksanakan di Mall atau gedung.
Menurut Sukri Hendri, kegiatan ini diikuti oleh komunitas batu akik dari berbagai daerah di Provinsi Riau, serta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Inhu. Selain pameran, pada kegiatan ini juga dilaksanakan kontes batu akik yang pemenangnya akan ditentukan langsung oleh masyarakat. Panitia juga mendatangkan ahli geologi, sehingga masyarakat nantinya akan memahami tentang kualitas batu.
“Promo Gemstone I Inhu se Riau ini juga bertujuan untuk mengangkat batu akik asal Inhu yakni Laksmana Indragiri. Sebab batu akik ini sudah cukup diminati masyarakat di Indonesia karena memiliki pesona dan ragam tersendiri dibanding batu lain di Indonesia,” ucapnya.
Pada kesempatan itu, Sukri Hendri juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Inhu yang sudah menyediakan kios komunitas kreatif yang berlokasi di Jalan Sultan, tepatnya di sekitar SPBU Rengat. Diharapkan melalui keberadaan kios ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat kreatif di Kabupaten Inhu.
Ketua Asosiasi Pencinta dan Penggemar Batu Permata Riau, Ir Ajie Panatagama memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kabupaten Inhu yang telah berhasil melaksanakan Promo Gemstone I Inhu se Provinsi Riau. Kegiatan seperti ini merupakan yang pertamakali dilaksanakan dan diharapkan akan mampu memperkenalkan batu akik asal Riau.
“Dalam waktu dekat, kami akan menyelenggarakan kontes batu se Indonesia dan kita akan memperkenalkan batu asal Riau, salah satunya Laksmana Indragiri asal Kabupaten Inhu,” katanya.
Sementara itu, Plt Sekdakab Inhu H Agus Rianto SH mengaku bangga dengan komunitas Indragiri Hulu Kreatif, yang sudah mampu menggali potensi batu akik Inhu dan memperkenalkan dengan nama Laksmana Indragiri. Dia berharap nama Laksmana Indragiri dapat segera dipatenkan sebagai salah satu ciri khas Inhu.
“Rekan-rekan Indragiri Hulu Kreatif sudah menorehkan tinta emas karena berkat batu akik Laksmana Indragiri, nama Kabupaten Inhu cukup di kenal luas di Indonesia. Kita berharap potensi ini dapat terus digali agar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pengerajin batu akik dan Pemkab Inhu akan terus mendukung upaya pengembangan melalui berbagai bantuan peralatan dan promosi,” ucapnya.
Pada kesempatan tersebut, Plt Sekda juga berpesan kepada para pengerajin batu akik dapat bersama-sama memperhatikan dampak lingkungan, sehingga aktivitas pengolahan batu akik tidak merugikan masyarakat lain.
“Agar batu Laksmana Indragiri semakin populer, saya berharap kepada pimpinan SKPD juga bisa mensosialisasikan kepada PNS dan pegawai lain di kantornya, sehingga minimal satu orang dapat menggunakan satu batu akik Laksmana Indragiri,” ungkapnya. (KUS)
Sumber: Inforiau.CO
Ilsutrasi: serba.gratis138.com
MADURA EXPOSE, MENGAWAL KEPASTIAN HUKUM